Mengatasi Masalah Canon iX6700 Support Code : 5100

Beberapa waktu yang lalu, kami mengalami error pada printer Canon iX6700 dengan pesan error yang tampil pada komputer yaitu Support Code : 5100, bagaimanakah solusi mengatasi masalah tersebut? berikut artikelnya.

Masalah tersebut muncul ketika kami tidak menggunakan printer pada waktu yang sedikit lama, sehingga saat printer dijalankan, terjadi error dengan kode Support Code : 5100. Hal ini bisa dengan mudah diatasi.

Masalah ini juga pernah terjadi pada Canon iX6560. Error ini juga dibarengi dengan lampu printer yang berkedip-kedip berwarna orange.

Canon iX6700 Support Code 5100

Penyebab dari masalah ini yaitu ada bagian mekanik yang terhambat pada printer, yang menyebabkan proses tidak berjalan baik internal seperti roll yang mafcet, head printer yang tidak dapat bergerak, dan lain-lain.

Cek terlebih dahulu dengan membuka penutup printer, apakah ada benda asing yang masuk kedalam, kertas bekas sobekan yang masih ada pada printer, dan lain-lain sehingga membuat printer mengalami error Support Code : 5100.

Dalam keadaan saya dengan printer yang sudah lama tidak terpakai, ternyata ini juga membuat printer tidak dapat berjalan, karena mekanik yang sudah tidak bisa bergerak dengan lancar.

Mengatasi Printer Canon Error Support Code 5100

Perhatikan langkah-langkah berikut ini agar error Support Code 5100 bisa hilang pada printer Canon yang anda gunakan.

  1. Seperti yang telah kami jelaskan diatas, hilangkan benda asing yang ada pada printer seperti puing-puting, sisa sobekan kertas, atau benda lain yang ada didalam printer yang menghambat kinerja mekanik printer seperti head dan cartridge printer
  2. Cabut cartridge printer dan pasang kembali pada printer, biasa hal ini juga bisa menyebabkan printer Canon menjadi error. Terutama bagi printer yang telah dipasang sistem infus
  3. Gunakan handuk basah dan secara perlahan bersihkan dengan lembut printer anda baik diluar maupun didalam printer. Matikan dan hidupkan kembali printer anda, jika printer masih error coba dengan melumasi tutup pembersihan cap dengan cara menggeser head printer ke area kiri dan kanan, gosokkan minyak kayu putih ke sepanjang slider untuk melumaskan dan membuat kinerja head menjadi lancar. Coba matikan dan hidupkan kembali printer untuk melihat error 5100
  4. Jika anda punya blower, bersihkan printer dengan blower, hilangkan setiap benda kecil, debu dan sesuatu yang mengganggu printer
  5. Bersihkan juga timing film, yaitu karet tipis seperti plastik yang selalu bergerak membawa cartridge untuk mencetak, timing film ini memiliki garis-garis kecil, hati-hati saat membersihkannya agar tidak terputus, karena jadi repot nantinya
  6. Printer driver rusak juga bisa menjadi penyebab error 5100 terjadi, silahkan download dan install kembali driver printer jika semua cara diatas tidak bisa membuat printer berjalan normal kembali seperti sediakala.

Demikian beberapa cara yang bisa anda jalankan agar error pada printer bisa hilang dan anda bisa mengunakan kembali printer anda.

Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk share artikel ini jika bermanfaat.