Cara Merawat Printer Infus Canon dan Epson Agar Awet

In Tutorial Printer 2 views

Merawat printer infus yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa agar tinta masuk kedalam cartridge dengan menggunakan selang adalah hal yang perlu diperhatikan agar printer tetap awet dan jarang rusak. Tambahan tabung infus dan selang kedalam printer biasa membuat printer tidak bisa berjalan dengan baik.

Seperti yang kita ketahui bahwa tidak semua printer telah dilengkapi dengan sistem infus seperti Epson L300 dan Epson L3110, karena printer dengan sistem infus yang telah dibuat oleh pabrikan memiliki harga yang lebih mahal dari pada printer yang tidak memiliki infus seperti kebanyakan printer infus Canon. Dengan menggunakan sistem infus yang kita modifikasi sendiri, kita tidak perlu repot-repot untuk mengisi ulang tinta (refill) dengan jarum suntik, tetapi kita bisa dengan mudah mengisi ulang tinta pada botol infus dan otomatis printer akan menarik tinta dari botol infus tersebut.

Disini anda akan belajar bagaimana agar printer anda tetap awet dan tips dalam merawat printer Canon infus bisa anda ikuti dibawah ini agar tahan lama. Printer memang merupakan alat cetak, namun jika anda tidak merawatnya printer juga seperti mesin yang lain akan mengalami kerusakan yang fatal dan membuat anda tidak bisa mengoperasikannya lagi.

Merawat Printer Infus Canon


Banyak sekali jenis printer yang beredar dipasaran seperti Epson, Canon, HP, Brother, dan merk lain namun printer infus terbaik yang paling sering orang Indonesia modifikasi yaitu Canon iP2770, printer ini cukup bandel namun tentu tetap perlu dirawat agar tetap awet. Informasi ini bersifat sama untuk semua printer, tidak hanya printer Canon saja, jadi semua merk printer yang anda gunakan bisa menggunakan cara dan tips ini.

Merawat Printer Infus Agar Tetap Awet

  1. Tips pertama untuk merawat printer infus yaitu pastikan posisi tabung infus sejajar dengan head printer, ini bertujuan agar head printer tidak sulit saat menarik tinta dari tabung infus modifikasi yang anda buat. Gunakan fasilitas head cleaning jika terjadi gelembung udara pada selang yang anda modifikasi dan selalu pastikan tidak terjadi atau tidak ada gelembung udara di selang, hal ini menyebabkan head tidak mencetak warna tertentu yang memiliki gelembung udara (tinta kosong). Cleaning akan menarik tinta dari infus dan menghilangkan gelembung udara diselang infus.
  2. Tambal selang jika terjadi koyak atau berlubang, bisa menggunakan isolasi atau lapban atau sealing tape untuk menghindari udara masuk kedalam selang yang mengakibatkan tinta printer infus tidak naik.
  3. Pastikan tinta agar selalu terisi dengan tinta, jangan sampai habis hingga kosong karena akan mengakibatkan head printer mengisap udara kosong tanpa tinta.
  4. Ganti elbow modifikasi yang patah dengan yang baru, ganti karet modifikasi yang koyak dengan karet baru. Jangan mengangkat tabung infus tinggi-tinggi saat printer dijalankan, ini cukup bahaya karena head printer tidak sanggup menarik tinta dari infus modifikasi anda atau tinta pada head akan tumpah karena terisi banyak tinta yang diangkat tinggi otomatis akan memenuhi head cartridge. Selalu posisikan tabung infus sejajar head cartridge apalagi saat mencetak banyak seperti buku.
  5. Lakukan nozzle check jika hasil cetak tidak bagus dan putus-putus. Jika setelah nozzle hasilnya tidak bagus dan putus-putus lakukan head cleaning 2 hingga 3 kali, periksa kembali tinta pada tabung infus jangan sampai kosong, jika hasil nozzle check masih putus-putus berarti terjadi kerusakan atau penyumbatan pada head printer, untuk memperbaikinya yaitu:
    • Ikat dulu selang dari infus agar tinta tidak tumpah
    • Lepas elbow dan selang dari cartridge printer
    • Tempelkan tisue pada head beberapa kali untuk menyerap tinta dari head
    • Jika tidak bisa, ambil suntikan dengan ujungnya menggunakan selang yang sesuai ukuran lalu hembuskan udara kosong dari suntik ke head cartridge untuk memaksa sumbatan hingga tinta keluar semua
    • Seharusnya tinta keluar dengan lancar, namun saat mencetak masih tidak bagus dan putus-putus, bisa dikatakan pompa didalam cartridge yang bermasalah saat menarik tinta dari tabung infus. Disini anda harus mengganti dengan cartridge yang baru dan memasang kembali dengan tabung infus
    • Pasang kembali setelah anda modifikasi infus, pasang selangnya dengan benar agar tidak tersangkut saat printer digunakan untuk mencetak seperti mencetak undangan pernikahan.
  6. Jika printer dengan sistem infus yang anda gunakan terjadi error, maka hal ini normal karena secara default printer akan memberitahu anda bahwa tinta cartridge telah habis. Printer tidak dapat digunakan jika error ini muncul. Cara untuk memperbaikinya cukup gampang yaitu dengan menekan 5 detik tombol resume dan printer akan dapat mencetak seperti biasa dan pesan error akan hilang.
  7. Setelah anda menggunakan printer dengan sistem infus maka anda akan mendapatkan status tinta yang kosong pada layar komputer saat digunakan, hal ini normal karena secara default printer tidak mengenal sistem ink tank yang kita buat secara manual. Anda hanya harus menjaga agar tinta pada tank infus tidak habis dan biarkan pesan status tinta kosong pada komputer selama anda bisa mencetak dengan lancar.
  8. Lakukan head cleaning saat diperlukan saja, jangan terlalu sering karena mengakibatkan buangan tinta penuh dan bisa tumpah dan membanjiri meja kerja anda.
  9. Jika buangan tinta penuh, printer akan menampilkan pesan error seperti the ink absorber is almost fulllayanan diperlukanService requiredError dan lain-lain maka printer tidak dapat mencetak. Disini anda perlu membersihkan buangan tinta atau dengan mengganti buangan tinta dengan yang baru atau memodifikasi buangan tinta kedalam botol yang pernah kita bahas pada artikel-artikel sebelumnya. Hal ini agar printer tidak tumpak dan kebanjiran dengan tinta buangan, lalu melakukan reset pada printer dan kami banyak membahasnya pada artikel sebelumnya seperti Reset Canon G3000Reset Canon E500/E510 dan lain-lain namun secara garis besar anda bisa melakukan:
    • Matikan printer dan cabut kabel power printer
    • Tekan dan tahan tombol power printer sambil pasang kabelnya kembali
    • Tombol power printer masih ditekan lalu tekan 3x tombol resume
    • Lepaskan tombol power printer
    • Hidupkan printer
    • Printer akan bisa digunakan lagi
  10. Tutup botol infus jika printer telah selesai digunakan. Ini untuk menahan tinta agar tidak terserap ke cartridge dan menyebabkan kebanjiran pada printer yang anda gunakan.

Banyak sekali manfaat yang bisa anda dapatkan dengan menggunakan sistem ink tank modifikasi printer, anda bisa mendapatkan printer ink tank yang lebih murah dan mudah dalam pengisian ulang tinta dan hemat tentu saja. Namun diantara kemudahan tersebut tentu anda perlu memperhatikan cara menjaga printer dengan infus buatan agar tetap awet dan tahan lama.

Selain itu secara tidak langsung cartridge anda lebih awet dan tahan lama, hal ini karena cartridge akan jarang diganti atau dilepas pasang sehingga lebih awet dalam penggunaan. Anda hanya perlu memperhatikan agar selang infus jangan sampai masuk angin dengan tetap menjaga tinta di tabung infus tetap penuh, kehilangan garansi printer karena printer yang dimodifikasi akan dan harus dilubangi.

Tetap jaga dan merawat printer infus anda agar tidak mengalami masalah dan bisa mencetak dengan nyaman kapanpun dibutuhkan.

Cara Merubah Font Pada Printer Dot Matrix
Cara Merubah Font Pada Printer Dot Matrix
Hadirnya printer dot matrix sangat membantu pengusaha
Cara Lengkap Sharing Printer di Windows 7, 8 dan Windows 10
Cara Lengkap Sharing Printer di Windows 7, 8 dan Windows 10
Membuat jaringan dan berbagi printer dibutuhkan agar
Cara Sharing Printer Dengan USB Data Switch
Cara Sharing Printer Dengan USB Data Switch
Perkantoran dan tempat percetakan pasti memerlukan sharing
Cara Print Hitam Putih Untuk Semua Jenis Printer
Cara Print Hitam Putih Untuk Semua Jenis Printer
Jika anda bekerja dengan menggunakan printer untuk
Daftar Printer Untuk ID Card Terbaik 2020
Daftar Printer Untuk ID Card Terbaik 2020
Printer untuk ID Card masih memegang peranan
Cara Scan Dengan Epson L3110
Cara Scan Dengan Epson L3110
Disini kami akan memberikan tutorial lengkap cara
Must read×

Top