Printer Canon Error Support Code 5200 & 6000

Canon adalah brand printer dengan kualitas yang bagus, namun setiap alat elektronik tentu suatu waktu tetap terjadi error seperti Support Code 5200 dan 6000. Berikut ini adalah cara menyelesaikan masalah ini mungkin sangat urgent untuk anda terapkan.

Printer Canon yang error sering terjadi karena masalah cartridge, atau bisa juga karena tinta yang anda gunakan tidak asli atau tinta yang kurang pada badan cartridge. Kadang masalah bisa diselesaikan dengan hanya melakukan restart pada printer, namun beberapa masalah harus mendapatkan perlakuan khusus.

Printer Canon Error Support Code 5200

Memperbaiki Printer Canon Error Support Code 5200

Masalah error 5200 ini berkaitan dengan tinta yang ada pada cartridge yang digunakan printer. Masalah ini biasa terjadi karena tinta printer sudah berkurang bahkan bisa jadi kosong dan perlu melakukan pengisian ulang tinta.

Ada 3 solusi untuk mengatasi masalah Error 5200 ini, yaitu:

Pertama: Cek isi tinta yang ada pada cartridge baik yang warna dan hitam putih, jika sudah berkurang atau habis, segera isi ulang tinta dengan menggunakan jarum suntik. Coba masukkan kembali dan hidupkan printer.

Kedua: Matikan printer dan cabut dari kabel power yang terhubung. Ambil cartridge yang ada didalam printer dan bersingkah dengan tisue yang kering dan bersih. Lalu masukkan lagi dan hidupkan lagi printer anda.

Ketiga: Reset printer ke setelan pabrik jika kedua cara diatas tidak bisa membuat printer anda kembali normal, jika printer anda memiliki layar silahkan reset manual dengan cara berikut:

  1. Hidupkan printer dan tekan tombol stop serta tombol power lalu lepaskan tombol stop dan tekan lagi hingga 5 kali
  2. Pada tekanan ke 5 tahan hingga 2 detik dan tampak printer akan mengeluarkan warna led kuning hidup mati bergantian
  3. Lepaskan semua tekanan tombol. Matikan, lalu hidupkan dan tunggu hingga printer bisa digunakan kembali.

Salah satu atau ke-3 cara diatas biasa dapat membantu anda mengatasi masalah error printer Canon ini yaitu Error Code 5200. Selanjutnya kita akan bahas error printer Canon dengan kode 6000.

Printer Canon Error Support Code 6000

Selain error dengan angka 5200 diatas, printer Canon juga sering mengalami error seperti code 6000 sehingga anda tidak bisa menggunakan printer sebagaimana mestinya.

Error Support Code 6000 terjadi biasa karena masalah Sensor encorder pada printer Canon.

Printer Canon Error Support Code 5200

Untuk mengembalikan error dari masalah ini sangat mudah, anda tinggal mematikan printer dan mencabutnya dari daya listrik. Selanjutnya anda diamkan beberapa menit dan kemudian hubungkan lagi printer dengan arus listrik dan coba hidupkan lagi.

Jika encorder anda bisa berjalan kembali, seharusnya printer sudah tidak ada masalah dan bisa mencetak lagi. Jika memang masih error 6000, coba lihat beberapa poin dibawah ini untuk menyelesaikannya.

  • Hidupkan printer anda dan buka penutup cover printer. Lihat bagian roll printer, mekanik dan jalur jalannya cartridge apakah ada barang asing seperti pulken, kertas, hewan kecil, atau benda lain yang masuk dan menyebabkan cartridge sangkut? karena benda kecil ini yang mengganggu mekanik bisa saja menyebabkan printer tidak berjalan normal dan error
  • Cek juga bagian mekanik printer apakah ada yang patah atau tidak, gunakan lem yang kuat seperti lem cina atau alteco untuk mengelem jika ada yang patah atau bisa dengan mengganti yang baru
  • Ganti sensor ASF/Sensor kertas jika sensor encorder diatas dikira tidak rusak dengan yang baru.

Semoga bermanfaat dan artikel ini bisa berguna untuk anda.