Memilih Printer Canon atau Epson, bagusan mana?

In Printer Canon, Printer Epson 9 views

Printer merupakan salah satu alat output komputer yang sangat dibutuhkan terutama dalam dunia percetakan, perkantoran, publisher dan sejenisnya. Banyak sekali merk printer yang ada khususnya di Indonesia mulai dari Canon, Epson, Brother, HP, Xerox, Fuji, dll. Namun merk printer yang paling populer di Indonesia yaitu Canon dan Epson paling sering digunakan, apa sajakah kelebihan, kekurangan dan perbedaannya. Mari kita simak.

Jika anda jalan ke toko printer, pasti anda akan menemukan dua merk printer ini, yaitu printer Canon dan Epson. Itu karena saking populernya dua vendor produk printer ini. Tidak hanya fitur dan keunggulan dari produk-produk ini, dari segi harga dua produk ini juga sering bersaing menjadi yang terbaik untuk merebut konsumennya di Indonesia. Bahkan kedua merk printer ini masuk kedalam kategori kami sebagai printer yang bagus untuk usaha photo studio.

Printer Canon Atau Epson

Jika kita fikirkan sekilas, Canon sebagai salah satu produk mesin penghasil gambar dari printer, kamera hingga scanner sangat berpengalaman untuk menciptakan produk photo, demikian juga Epson  yang terkenal mampu menciptakan printer dengan inovasi-inovasi baru dan menghasilkan foto berkualitas serta irit, bahkan sangat irit.


Untuk anda yang masih bingung mencari printer yang cocok untuk anda dari segi harga, fitur dan merk kedua printer diatas, berikut kami membuat perbandingan basic untuk kedua merk printer.

Kelebihan dan kekurangan printer Epson

Kelebihan / keunggulan printer Epson

Kelebihan pertama yang paling menonjol dari printer Epson yaitu hasil cetakan warnanya yang cerah dan bagus, cerah tajam bahkan printer dengan 4 warna saja bisa menghasilkan cetakan foto sekelas printer SureLab / printer khusus photo walau ketahanannya tidak seperti printer SureLab.

Namun produk dari printer Epson rata-rata masih cocok digunakan untuk mencetak foto. Tidak mengherankan jika anda akan banyak melihat studio foto kecil, fotografer bahkan usaha percetakan yang pasti menyediakan printer dari produk Epson untuk kebutuhannya. Karena keunggulan cetakan warna yang bagus.

keunggulan printer Epson

Selain itu printer Epson juga memiliki head yang bandel dan awet, pengalaman saya setahun penggunaan dengan cetakan setiap hari hingga 100-200 lembar tidak membuat head printer rusak sama sekali, jika sedikit macet kami hanya perlu melakukan head cleaning dengan benar dn printer dapat digunakan kembali.

Teknologi micropiezo yang hanya digunakan oleh printer Epson yang membuat printer produk Epson menjadi lebih unggul dan hanya digunakan oleh Epson saja. Teknologi ini membuat hasil foto lebih natural, awet, lebih tajam, dan transisi tone yang lebih halus.

Epson juga merupakan printer pertama di Indonesia yang secara default saat membeli kita telah disediakan ink tank eksternal untuk tipe L printer seperti Epson L3110, baru kemudian diikuti oleh printer Brother, Canon dan produk lainnya. Untuk hal inovasi printer Epson juga lebih unggul. Tentu dengan inovasi ink tank ini, cetakan menjadi lebih murah dan irit biaya serta tidak harus sering mengganti tinta karena isi dari ink tank ini yang cukup banyak.

Kekurangan / kelemahan printer Epson

Salah satu kekurangan yang terasa jika anda menggunakan printer Epson adalah kecepatannya yang kalah dibandingkan printer Canon. Mungkin karena hasil cetak yang detail maka harus dikorbankan kecepatan dari mencetak menggunakan Epson. Perbandingan kecepatan bisa hingga 1:3 jika disandingkan dengan Canon.

Kekurangan lain dari printer Epson adalah dari segi harga. Walaupun spesifikasi dan fitur hampir sama dengan printer Canon, printer Epson tetap selalu lebih mahal dari merk lain. Namun harga tinggi dari printer Epson terbayar karena sistem ink tank yang ada sangatlah irit, dengan sekali isi tinta kita bisa mencetak hingga 3000-5000 halaman tergantung tipe printer.

Selain itu printer ini sering error dan harus melakukan reset printer jika sudah mencapai limit dan buangan tinta juga cepat penuh dari printer lain.

Pengalaman kami menggunakan Epson, cetakan hitam putih juga sering terjadi garis dan tidak sehitam dari printer Canon.

Kelebihan dan kekurangan printer Canon

Kelebihan / keunggulan printer Canon

Printer Canon sangat banyak digunakan di Indonesia karena harganya yang murah dan kualitasnya yang bagus. Walaupun spesifikasi printer sama dengan printer merk lain, harga printer Canon tetap termurah dari segala hal. Banyak pengguna rumahan yang lebih memilih printer ini termasuk mahasiswa yang sering melakukan print untuk tugas dan kantoran juga menggunakan printer ini jika budgetnya terbatas namun ingin / memerlukan printer dengan hasil yang bagus.

keunggulan printer Canon

Salah satu contoh adalah printer Canon Pixma TS307, dengan budget 600.000 (600 ribu) anda bisa mendapatkan printer dengan fungsi all-in-one yang bisa melakukan cetak, copy, scan bahkan bisa juga mencetak dari smartphone atau tablet anda. Jika merk lain anda harus menyiapkan dana hingga 2 juta lebih untuk mendapatkan fungsi ini.

Printer Canon juga unggul dalam kecepatan mencetak, walaupun kecepatan printer tergantung tipe printer yang dibeli, namun jika di rata-ratakan printer Canon lebih cepat dibandingkan merk lain dengan harga yang sama dan spesifikasi yang sama juga.

Keunggulan printer Canon ini membuat printer ini cocok digunakan di perkantoran yang membutuhkan cetakan dokumen setiap hari, selain hasilnya yang cepat warna yang dihasilkan juga bagus sehingga lebih efisien dalam bekerja.

Pengalaman juga membuktikan bahwa komponen dari printer Canon lebih tahan dan awet, jarang ditemui kerusakan terutama rollpaper yang bekerja keras setiap harinya. Namun semua tergantung dari frekuensi cetakan setiap hari yang anda gunakan.

Keunggulan lain dari printer Canon adalah cetakan warna hitamnya yang sangat bagus. Bahkan kami sempat menggunakan merk printer Canon untuk hanya mencetak pas photo hitam/putih, karena hasilnya yang lebih bagus. Warna hitam pada printer Canon memang topp.

Kekurangan / kelemahan printer Canon

Printer Canon bisa mencetak foto dan warna, namun jika dibandingkan dengan Epson, printer merk ini sering kalah. Kurang cocok digunakan untuk mencetak foto kecuali anda selalu menggunakan tinta original dari Canon.

Dulu tidak ada sistem infus dari Canon sehingga menjadi kekurangan, namun setelah beberapa tahun ini, akhirnya printer canon juga update menjadi lebih baik dan mengikuti kesuksesan dari Epson menggunakan ink tank sehingga cetakan lebih irit dan biaya murah.

Demikian keunggulan dan kelebihan dari kedua printer yang pernah kami tes dan pengalaman yang sering terjadi dilapangan maupun forum-forum diinternet. Dari kelebihan dan kekurangan diatas dapat dipahami bahwa kedua merk printer tersebut memiliki target market yang berbeda. Kami merasakan bahwa printer merk Canon lebih sering menargetkan pekerja kantoran dan sejenisnya yang memiliki frekuensi cetak yang sedikit hingga sedang.

Sedangkan printer Epson sering menargetkan percetakan maupun bisnis kecil yang menggunakan printer untuk melakukan usaha karena hasil cetakan foto yang unggul dan detail yang bagus.

Download Epson L110 Resetter Dan Cara Reset [100% Work]
Download Epson L110 Resetter Dan Cara Reset [100% Work]
Epson L110 Resetter Dan Cara Reset – Anda
Download Epson L1300 Resetter, Cara Reset Service Required
Download Epson L1300 Resetter, Cara Reset Service Required
Kami membagikan resetter terbaru Epson L1300 pada
Canon Pixma TS6320 Jajaran Baru Printer Canon All-In-One
Canon Pixma TS6320 Jajaran Baru Printer Canon All-In-One
Canon baru saja mengenalkan sebuah produk varian
Masalah Printer Not Responding, Not Available dan Not Ready
Masalah Printer Not Responding, Not Available dan Not Ready
Masalah seperti Printer not responding, Not available, dan Not
Download Epson EcoTank L3150 Driver Printer
Download Epson EcoTank L3150 Driver Printer
Download Epson L3150 driver terbaru pada link
Download Epson Stylus T13x Resetter Dan Cara Reset
Download Epson Stylus T13x Resetter Dan Cara Reset
Jika printer Epson Stylus T13x anda mengalami
Must read×

Top