Lampu Kertas Menyala Pada Printer Epson L3110

Jika kamu tiba-tiba mengalami masalah berupa lampu printer pada bagian kertas menyala berkedap kedip maka terjadi suatu error yang terjadi pada printer tersebut. Apakah errornya? mari kita bahas lebih dalam.

Penyebab masalah lampu kertas menyala

Printer Epson adalah tipe printer yang paling sering terjadi masalah, baik tipe printer L lama seperti Epson L120, L220, L210, L350, L360, L800, L805 dan masih banyak varian printer lainnya, maupun yang baru sekarang seperti printer Epson L3110 ini.

Error yang terjadi juga bisa disebabkan oleh berbagai hal.

Salah satu yang paling sering terjadi karena sensor printer mendeteksi adanya benda kecil yang sangkut di dalam printer. Baik kertas yang sobek di dalam, ataupun benda asing lain yang harus segera dikeluarkan dari dalam printer. Bisa juga dikarenakan jenis kertas printer yang tidak cocok, sehingga printer tidak dapat berjalan.

Penyebab lain yaitu printer sudah mencapai batas print dan harus melakukan reset untuk dapat digunakan kembali sehingga kenapa printer epson l3110 tidak bisa ngeprint.

Bagaimanakan solusinya? berikut beberapa solusi yang bisa anda ikuti agar printer anda dapat berjalan kembali dengan semestinya dan mencetak lagi untuk kebutuhan anda sehari-hari atau untuk pekerjaan anda.

Solusi masalah lampu kertas berkedip

Masalah yang sering terjadi jika lampu kertas berkedip yaitu ditandai dengan printer mencetak namun gagal dengan kertas tidak tertarik sepenuhnya, atau biasa disebut nyangkut atau paper jam.

Solusinya yaitu dengan mencabut kertas secara hati-hati, sebisa mungkin tarik kertas dari depan printer, atau jika tidak bisa dari depan lakukan dari belakang dengan menarik kertas yang sangkut secara hati-hati. Jika sudah, perhatikan bagian belakang printer, apakah ada benda asing yang sangkut di dalam printer terutama dibagian belakang. Jika ada benda asing yang sangkut silahkan buang benda asing tersebut dan biasanya printer sudah bisa berjalan kembali.

Beberapa hal yang terjadi yang pernah kami temui yaitu benda asing tersebut seperti kertas kecil, anak steples yang masuk atau benda-benda kecil lainnya sudah berada di dalam printer, maka kamu juga bisa membuka penutup printer dan melihat apakah ada benda aneh di dalam printer terkecuali part printer jika ada silahkan buang benda kecil tersebut dan coba hidupkan printer anda kembali.

Jika kedua solusi terebut belum bisa menghilangkan lampu orange kertas pada printer Epson L3110 tetap menyala, maka solusi lain yaitu anda harus melihat terlebih dahulu apakah ada pesan error yang muncul dengan menggunakan komputer.

Pastikan anda telah menginstall driver printer Epson L3110 dan lalu silahkan cek dengan masuk ke Printer and Scanners pilih printer, klikĀ preferences dan lihat status printer. Atau cara lebih mudah silahkan tes untuk mengeprint sesuatu dan lihat apakah ada pesan error yang muncul?

Epson L3110 Service Required

Jika error yang terjadi seperti tulisan diatas “Service required” maka tandanya printer anda harus melakukan reset agar dapat berjalan kembali dengan baik, untuk melakukan reset kami telah menulis artikel tentang mengatasi masalah service required sebelumnya.

Semoga tulisan ini bermanfaat, dan bisa memberikan solusi yang cocok untuk anda yang mengalami lampu kertas menyala pada printer Epson l3110, terimakasih.