Perbedaan Printer Inkjet, Laserjet dan Dot-Matrix

In Tutorial Printer 8 views

Dibawah ini kita akan mengenal dengan printer Inkjet, laserjet, dan dot matrix dan mengetahui perbedaan pada setiap printer ini sehingga anda akan mengetahui jenis printer apa yang cocok dengan anda & juga penyesuaikan kebutuhan anda.

Kita sudah cukup familiar dengan printer dan tentu mengenal berbagai merk printer. Tapi tentu kamu belum tau jenis printer apa saja yang ada di pasaran. Apa jenis printer yang cocok untuk kamu gunakan dan semacamnya. Berikut ini penjelasan lengkap tentang ke-3 jenis printer yang mungkin perlu kamu ketahui.

Printer Inkjet

Printer Inkjet adalah piranti yang paling sering kita temui di pasaran dengan harga terjangkau dan mudah dalam pengoperasian. Printer inkjet menggunakan sistem penyemprotan tinta diatas kertas untuk membentuk tulisan maupun gambar. Proses penyemprotan langsung diterima oleh media yang biasanya kertas untuk membentuk gambar yang diinginkan.

Kualitas dari printer inkjet dikenal sangat bagus, lebih jernih dan memiliki warna yang dalam. Printer inkjet mampu mencetak hingga resolusi 300 dots per inc (dpi) bahkan ada hingga 600 dpi sehingga menghasilkan warna yang lebih halus, tajam dan cerah.

Printer ini memiliki harga yang murah, ukuran yang kecil dan ringan serta mudah dioperasikan. Beberapa printer inkjet yang cukup terkenal hingga artikel ini dibuat yaitu Epson L3110, Canon MG5270, Canon iP2770 dll.Printer Ink Jet

Printer jenis ini akan sering anda temui di warnet, di tempat percetakan dan kantor-kantor. Brand yang sangat terkenal dalam memproduksi printer inkjet yaitu ada Epson, Canon, Brother, dan HP.

Selain itu dengan menggunakan printer inkjet kecepatan dan pekerjaan anda sangat ringan untuk dikerjakan, tidak perlu kemampuan khusus untuk mengoperasikan mesin cetak ini dan bahkan bisa mencetak langsung dengan memori card di beberapa jenis printer inkjet.

Dengan segala kelebihan itu printer inkjet juga memiliki kekurangan seperti printer ini tidak secepat printer laserjet, cartridge yang kecil untuk mencetak dalam volume besar, harga cetak perlembar yang lebih mahal dari printer laser dan tinta lebih mudah luntur sesuai produk tinta yang digunakan dan mudah rusak jika kena air. Perbaikan printer inkjet juga cukup mudah, biasanya kita hanya perlu mereset printer dan printer bisa digunakan lagi.

Printer Laserjet

Seperti namanya, printer ini menggunakan laser dalam proses percetakannya. Proses kerjanya secara singkat bekerja dengan menyinarkan alat seperti drum dan kemudian membuat pola gambar sebagai output cetakan. Drum berputar melalui toner sehingga terkombinasi tekanan panas dan proses percetakan berjalan.

Printer ini sering sering digunakan di perkantoran, sekolahan dan tempat usaha juga banyak menggunakan printer laserjet. Tinta yang digunakan adalah tinta bubuk yang biasa disebut dengan tooner. Printer ini menggunakan perangkat inframerah. Printer laserjet biasa kita sebut dengan mesin fotocopy.

Printer laserjet memiliki kecepatan cetak yang sangat tinggi, hasil cetakannya juga bagus dan lebih bagus dari pada printer dot matrix. Selain kecepatan cetak yang tinggi, printer ini memiliki ukuran kertas yang lebih beragam, bisa dari A4 hingga A3 dan biaya cetakan perlembar juga tidak mahal dari pada jenis printer yang lainnya. Walaupun harga mesin laserjet biasanya lebih mahal.

Untuk mencetak foto, biasanya printer laserjet tidak sangat direkomendasikan, karena hasilnya yang buruk dan jelek. Namun perkembangan zaman membuat printer laser juga bisa digunakan untuk mencetak foto dan hasilnya sudah mulai bisa menyaingi dari printer inkjet seperti printer Brother HLL9310CDW.

Printer Dot Matrix

Printer dot matrix adalah printer yang menggunakan set pin dan pita yang tersusun diatas untuk mencetak huruf dan karakter dan mirip sekali dengan cara kerja mesin tik, dimana pita akan mentransfer hasil cetakan.

Cara kerja printer dot matrix ini bisa 50 hingga 500 kata perdetiknya. Printer ini hanya menggunakan warna hitam saja untuk mencetak, printer ini dipergunakan untuk keperluan bisnis saja dan ukm dan perkantoran. Biasanya anda akan menemukan mesin ini pada toko pembayaran token listrik, pada kantor pos, alfamart dan indomart.

Printer ini mudah dirawat, digunakan dan tahan lama dalam penggunaan. Printer dot matrix juga dioperasikan dengan biaya yang sangat rendah karena tidak menggunakan tinta dan bubuk seperti printer lainnya sehingga banyak dipilih oleh pelaku bisnis.

Cara Setting Cetak Foto Dengan Epson L805/L800
Cara Setting Cetak Foto Dengan Epson L805/L800
Mencetak foto sekarang bisa hanya dengan menggunakan
Cara Merawat Cartridge Printer Canon Agar Tidak Cepat Rusak
Cara Merawat Cartridge Printer Canon Agar Tidak Cepat Rusak
Salah satu bagian yang paling cepat rusak
Cara Print PDF 1 Lembar 2 Halaman Atau Lebih
Cara Print PDF 1 Lembar 2 Halaman Atau Lebih
Solusi menghemat kertas dalam mencetak yaitu dengan
Cara Print PowerPoint 2 Slide Show Full 1 Lembar
Cara Print PowerPoint 2 Slide Show Full 1 Lembar
Menggunakan PowerPoint untuk persentasi apalagi dimasa pandemi
Mengatasi File PDF Yang Tidak Bisa Diprint
Mengatasi File PDF Yang Tidak Bisa Diprint
File PDF Yang Tidak Bisa Diprint –
Cara Print Kertas F4 Agar Tidak Terpotong
Cara Print Kertas F4 Agar Tidak Terpotong
Kita pasti sering ketika ingin mencetak ukuran
Must read×

Top