Cara Mengisi Tinta Printer Canon Yang Benar

In Tutorial Printer 5 views

Mengisi ulang tinta sangat mudah dilakukan jika printer menggunakan ink tank. Namun bagaimana dengan printer Canon yang sebagaian besar menggunakan cartridge. Dalam artikel ini kita akan belajar mengisi ulang tinta printer Canon yang telah kosong tanpa harus mengganti cartridge baru.

Tinta printer Canon menggunakan bentuk liquid atau cairan (fluida), salah satu contoh yang akan kita gunakan yaitu printer iP2770 yang merupakan printer lama dan masih banyak digunakan hingga sekarang ini. Cara mengisi ulang tinta printer ini sebenarnya sangat mudah dan dibawah ini kami akan membagikan tutorial kepada anda.

Printer menggunakan 2 cartridge saja dalam printer. Canon iP2770 contohnya yaitu tinta warna dan hitam. Kedua tinta harus ada tinta walaupun kita menggunakan salah satunya atau printer tidak akan berjalan. Anda harus mengikuti tutorial dan cara mengisi ulang tinta ini agar tidak terjadi kesalahan. Hati-hati anda salah dalam pengisian ualng tinta, karena bisa jadi printer akan rusak dan tidak bisa dipakai jika terjadi kesalahan. Dibawah ini hal-hal yang perlu anda ketahui dulu sebelum melakukan pengisian ulang tinta printer (pada cartridge).

Hal yang perlu diperhatikan

  • Tinta isi ulang yang digunakan pastikan sesuai dengan printer, anda bisa menyesuaikan merk yang sama seperti printer atau tinta didesain untuk printer Canon yang digunakan. Perhatikan lagi saat membeli tinta isi ulang yang digunakan.
  • Jenis tinta yang digunakan juga perlu untuk diperhatikan. Biasanya terdapat tinta yang biasa dan yang lebih kental, gunakan 1 jenis tinta saja jangan diganti-ganti, karena akan berbahaya baik untuk head maupun untuk printer itu sendiri.
  • Gunakan merk tinta yang bagus, ada merk tinta E-print, Blueprint, Data Print, Rainbow, Printech dll yang bisa anda gunakan karena merk ini sudah cukup terkenal.

Persiapan Mengisi Tinta


Perhatikan hal-hal berikut sebelum melakukan pengisian ulang tinta, hal ini perlu diperhatikan agar printer siap untuk dilakukan isi ulang tinta dan tidak ada bahan yang ketinggalan ketika anda telah memulai.

Berikut peralatan yang perlu dipersiapkan sebelum memulaiĀ mengisi ulang tinta Canon.

  1. Tinta isi ulang merk Canon
  2. Jarum/Paku, Bor, untuk memperbesar lubang cartridge
  3. Jarum suntik yang bisa dibeli di apotik
  4. Tisu

Ada beberapa merk tinta yang telah menyediakan paket pembelian dengan peralatan lengkap yaitu tinta, jarum suntik dan paku untuk melubangi cartridge. Beberapa tidak, hanya tinta saja.

Cara Mengisi Tinta Printer Canon

Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mengisi ulang tinta Canon.

  1. Hidupkan printer Canon, dalam contoh kami menggunakan printer Canon iP2770. Tunggu beberapa saat hingga printer masuk ke mode standby
  2. Buka cover printer bagian atas, posisi cartridge biasa akan berada di tengah dan kita siap untuk mengambil cartridge tersebut. Lepaskan cartridge secara hati-hati, perhatikan agar tidak memegang bagian plate dan depan bagian cartridge
    Melepaskan cartridge printer Canon
  3. Jika cartridge baru pertama kali digunakan untuk diisi ulang. Silahkan lepas bagian label cartridge secara hati-hati. Gunakan jarum atau paku untuk memperbesar lubang, hati-hati agar bagian bawah tinta tidak terkena benda lain dan harus tetap tergantung. Agar lebih memudahkan, anda bisa bakar dulu paku lalu melubanginya dengan panas.
    isi ulang tinta
  4. Agar lebih memudahkan, mulailah dengan cartridge hitam terlebih dahulu. Ambil tisue dan tutup bagian mulut semprot tinta head cartridge agar tidak tumpah saat mengisi ulang tinta. Masukkan jarum dan suntikkan tinta kedalam cartridge. Lakukan dengan benar dan posisikan seperti gambar berikut ini
    Posisi cartridge pengisian ulang tinta
  5. Masukkan tinta secara perlahan, jangan terlalu paksa, tidak perlu sampai terlalu penuh dalam pengisian ulang tinta printer Canon. Demikianhalnya dengan cartridge warna, isi ulang tinta sesuai warna seperti berikut
    Isi ulang tinta warna Canon
  6. Bersihkan jika sudah, rapatkan lagi label yang telah dibuka atau ditutup dengan isolatip dan pasang kembali ke printer

Tutorial diatas tidak hanya bisa digunakan pada cartridge printer Canon iP2770, anda juga bisa menggunakannya pada printer Canon MP280, MP237, MP250 dan dengan cartridge Canon 745 S dan 746 S, sama saja.

Cara Print/Cetak File PDF Menjadi Buku
Cara Print/Cetak File PDF Menjadi Buku
Mencetak file pdf menjadi buku membuat kita
Cara Test Printer Epson, Canon, HP Terlengkap
Cara Test Printer Epson, Canon, HP Terlengkap
Printer anda perlu melakukan test printer sebelum
Cara Merubah Font Pada Printer Dot Matrix
Cara Merubah Font Pada Printer Dot Matrix
Hadirnya printer dot matrix sangat membantu pengusaha
Cara Lengkap Sharing Printer di Windows 7, 8 dan Windows 10
Cara Lengkap Sharing Printer di Windows 7, 8 dan Windows 10
Membuat jaringan dan berbagi printer dibutuhkan agar
Cara Sharing Printer Dengan USB Data Switch
Cara Sharing Printer Dengan USB Data Switch
Perkantoran dan tempat percetakan pasti memerlukan sharing
Cara Merawat Printer Infus Canon dan Epson Agar Awet
Cara Merawat Printer Infus Canon dan Epson Agar Awet
Merawat printer infus yang sudah dimodifikasi sedemikian
Must read×

Top