Cara Mengatasi Masalah Error 0x00000709 Printer Cannot Set Default

In Masalah Printer 1 views

Artikel ini akan menjelaskan kenapa dan bagaimana solusi untuk menyelesaikan masalah 0x00000709 pada printer yang digunakan.

Error 0x00000709 yang terjadi pada printer ini merupakan masalah serius karena bukan terletak pada printer atau kesalahan pada printer itu sendiri. Sebaliknya, kesalahan ini terjadi pada sistem operasi Windows dan sering disebabkan oleh kesalahan pengguna.

Kasus error ini biasanya dimulai dengan menghapus setting default printer yang sudah terinstall, tetapi ketika melakukan uninstall driver printer, tidak dilakukan dengan benar sehingga sebagian driver masih tersisa di sistem Windows. Akibatnya, ketika mencoba untuk mengatur printer default yang lain, muncul pesan error 0x00000709.

Mengapa saya menyebut kasus error 0x00000709 ini sebagai masalah serius? Walaupun printer tersebut tampak sehat dan tidak menunjukkan tanda-tanda kerusakan, namun kita tidak dapat menggunakannya untuk mencetak dokumen. Ini merupakan masalah yang serius karena kita tidak dapat mencetak dokumen pada beberapa program seperti Microsoft Office Word, Microsoft Office Excel, Adobe Photoshop, CorelDRAW, dan lainnya.

Ketika kita mencoba mencetak dokumen pada program tersebut, pengaturan printer tidak muncul, meskipun jika kita memeriksa di Devices and Printers, pengaturan driver printer sudah benar dan driver printer sudah terinstall dengan benar pada sistem operasi Windows yang kita gunakan.

Kendala karena error 0x00000709

Kasus error 0x00000709 menunjukkan dua masalah utama, yaitu tidak dapat mengatur printer default dan tidak dapat mencetak dokumen dari beberapa program menggunakan printer tersebut. Hal ini merupakan masalah serius karena dapat mengganggu kemampuan pengguna dalam menggunakan printer secara efektif.

Meskipun tidak dapat mencetak dokumen dari beberapa program menggunakan printer tersebut, namun jika kita mencoba mencetak halaman tes dari Devices and Printers, kita dapat melakukannya dengan sukses. Ini menunjukkan bahwa masalah terletak pada sistem operasi Windows, bukan pada printer itu sendiri.

Hal ini juga terlihat dari fakta bahwa ketika printer dicoba pada komputer atau laptop lain, tidak mengalami masalah dan tidak muncul pesan error 0x00000709.

Berikut Cara Mengatasi Printer Error 0x00000709 Can’t Set Default

Untuk mengatasi error 0x00000709 pada printer, ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Solusi tersebut sangat mudah dan tidak memerlukan instalasi ulang sistem operasi Windows. Kita dapat mencoba melakukan dua cara untuk memecahkan masalah tidak dapat mengatur printer default dengan error 0x00000709.

1. Menghapus Device Dari Registry Editor

Salah satu cara untuk mengatasi masalah error 0x00000709 printer adalah dengan menghapus device printer default lama dari Registry Editor. Ini merupakan solusi yang lebih praktis dan cepat karena kita akan menghapus langsung sumber masalahnya. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukannya:

  1. Buka Registry Editor dengan menekan tombol Windows+R pada keyboard, kemudian ketik “regedit” > Enter.
  2. Cari dan buka folder “HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\Windows”.
  3. Hapus key “Device” yang terdapat di dalam folder “Windows”.
    Mengatasi Masalah Error 0x00000709
  4. Tutup Registry Editor.
  5. Restart komputer Anda.

Setelah mengikuti langkah-langkah tersebut, Anda akan dapat mengatur printer default tanpa masalah error 0x00000709.

2. Mengubah User Account Default Dengan Yang Baru

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk menghilangkan pesan error 0x00000709 printer dan memungkinkan kita untuk mengatur printer default kembali adalah dengan mengganti User Account pada komputer Anda. Penggunaan User Account yang sebelumnya mungkin telah terinfeksi oleh masalah yang menyebabkan error 0x00000709 printer. Dengan mengganti User Account, kita dapat menghilangkan masalah tersebut dan kembali menggunakan printer dengan normal.

Untuk mengganti atau membuat User Account baru, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka Control Panel. Anda dapat mengaktifkannya melalui Start, kemudian pilih Control Panel atau dengan menekan tombol Windows+R pada keyboard, kemudian ketik Control Panel > Enter.
  2. Pilih “User Accounts and Family Safety”.
  3. Pilih “Add or remove user accounts”.
  4. Pilih “Create a new account”.
  5. Masukkan nama User Account yang diinginkan dan pilih tipe User Account.
  6. Klik “Create Account”.

Setelah mengikuti langkah-langkah tersebut, Anda akan memiliki User Account baru yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah error 0x00000709 printer.

Sebelum membuat User Account baru, penting untuk memeriksa apakah ada lebih dari satu User Account dengan mode Administrator pada komputer Anda. Jika terdapat dua atau lebih User Account mode Administrator, maka Anda tidak perlu membuat User Account baru. Sebagai alternatif, Anda dapat mengganti posisi User Account yang aktif dengan menggunakan salah satu User Account mode Administrator yang lain. Ini dapat membantu mengatasi masalah error 0x00000709 printer tanpa perlu membuat User Account baru.

Setelah membuat User Account baru, Anda dapat me-restart komputer Anda dan memilih User Account baru tersebut saat proses Start Up. Setelah komputer selesai melakukan Start Up, cobalah untuk mengatur printer default untuk memastikan bahwa masalah error 0x00000709 telah teratasi. Jika berhasil, Anda dapat menghapus User Account lama yang mengalami masalah dari Control Panel sesuai dengan langkah-langkah yang telah dijelaskan sebelumnya. Dengan demikian, Anda dapat menggunakan printer dengan normal tanpa masalah error 0x00000709.

Penutup

Demikian dua cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah error 0x00000709 printer yang tidak dapat diatur menjadi default. Langkah-langkah tersebut merupakan solusi yang telah saya ketahui, jadi jika Anda memiliki cara lain yang dapat membantu menghilangkan error 0x00000709 printer, jangan ragu untuk menyampaikannya melalui komentar. Semoga tips ini dapat membantu Anda mengatasi masalah tersebut dan menggunakan printer dengan lancar.

Cara Mengatasi Hasil Cetak Printer Tidak Lurus
Cara Mengatasi Hasil Cetak Printer Tidak Lurus
Hasil cetak pada printer tidak lurus pada
Printer Canon Error Support Code 5200 & 6000
Printer Canon Error Support Code 5200 & 6000
Canon adalah brand printer dengan kualitas yang
Mengatasi Epson L360 Berkedip & Tidak Bisa Cetak
Mengatasi Epson L360 Berkedip & Tidak Bisa Cetak
Epson banyak digunakan dan banyak juga masalah,
Memperbaiki Cartridge Canon Yang Tidak Terdeteksi
Memperbaiki Cartridge Canon Yang Tidak Terdeteksi
Jika anda mengganti cartridge baru, bisa jadi
Mengatasi Epson L350 Lampu Tinta Berkedip
Mengatasi Epson L350 Lampu Tinta Berkedip
Salah satu masalah yang sering terjadi pada
Mengatasi Epson L300 Lampu Tinta dan Kertas Printer Berkedip
Mengatasi Epson L300 Lampu Tinta dan Kertas Printer Berkedip
Masalah yang sering terjadi pada printer Epson
Must read×

Top