Download Resetter Epson L3210 Gratis & Cara Reset

Jika anda memiliki masalah “Service Required, Ink waste is full, It is nearly time to reset the in levels atau It is time to reset the ink levels” maka printer anda harus di reset dengan resetter agar bisa berjalan normal kembali. Download resetter pada link dibawah ini dan lihat juga tutorial dibawah.

Download #1 Download #2 Download #3

Download #4 (pass: i-loadzone.com)

Software resetter atau sering disebut Adjustment Program atau AdjProg adalah software yang melakukan reset pada printer agar kapasitas cetak yang di simpan didalam printer bisa kembali ke 0 (direset).

Printer akan menyimpan jumlah cetak yang dilakukan pada memori ROM di internal printer, setiap lembar print akan dihitung dan printer akan menyimpannya. Setelah mencapai titik tertentu, printer akan mengalami error dan memberitahukan kita untuk melakukan pergantian atau pembersihan waste ink level atau buangan tinta.

Sama seperti Epson L120 saat melakukan reset kita perlu program reset yang biasa disebut Resetter atau Adjustment Program. Program ini bisa anda download diatas artikel ini dan berikut adalah cara melakukan reset hingga berhasil dan printer bisa digunakan lagi.

Ciri-Ciri / Tanda Epson L3210 Harus Reset

Tidak semua error pada Epson L3210 perlu direset. Beberapa error bisa terjadi karena masalah teknis lain. Berikut ini ciri-ciri printer Epson L3210 yang perlu di reset.

  • Muncul kedipan lampu di indikator power/resume dan pada indikator tinta/kertas dengan bergantian dan terus menerus
    kedipan lampu di indikator power/resume
  • Muncul warning pada layar komputer saat printer Epson L3210 ingin digunakan seperti : Service Required, Ink waste is full, It is nearly time to reset the in levels atau It is time to reset the ink levels
    Service Required, Ink waste is full,

Jika salah satu atau kedua ciri diatas terjadi pada printer anda, maka anda tidak perlu ke service centre untuk memperbaiki printer anda, cukup lihat artikel pada website kami ini.

Cara Reset Epson L3210

Ada 2 cara untuk melakukan reset pada Epson L3210. Anda bisa melakukannya manual dengan menekan kombinasi tombol pada printer, juga bisa dengan program resetter seperti yang telah kita bahas.

Cara manual sering tidak berhasil dan printer masih memunculkan tanda error, kami menyarankan untuk menggunakan cara menggunakan software agar printer bisa langsung selesai dan bisa digunakan, cara manual masih sangat sering gagal dari percobaan yang kami lakukan di beberapa printer.

Cara Reset Epson L3210 Manual

Ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk mereset printer anda tanpa menggunakan software atau manual:

  1. Cabut kabel printer dari listrik dan tunggu 5 menit. Lalu colok kembali dan hidupkan printer
  2. Tekan tombol Resume (logo tinta) selama 5 detik lalu lepaskan
  3. Tekan tombol Resume (logo tinta) selama 3 detik lalu lepaskan
  4. Printer akan melakukan reset dengan tanda head printer akan jalan kekanan dan kekiri. Tunggu hingga proses ini berhenti
  5. Setelah selesai printer bisa digunakan lagi dan lampu indikator tidak berkedip orange lagi

Jika cara manual diatas tidak berhasil, silahkan gunakan cara dibawah ini dengan menggunakan software reset yang harus anda download diatas.

Cara Reset Epson L3210 dengan Resetter/AdjProg.exe

Ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk mereset printer anda menggunakan software resetter atau Adjprog.exe

  1. Download software resetter diatas artikel ini. Matikan Antivirus, lalu extract file yang telah anda download dengan Winrar / 7Zip.
  2. Jalankan file Adjprog.exe dengan menekan file tersebut 2x, buka dengan password jika diperlukan
  3. Setelah program terbuka, tekan Select lalu Model Name : L3210 dan port sesuai atau auto saja lalu OK
    memilih printer epson l3210
  4. Tekan tombol Particular adjustment mode, lalu pillih Waste ink pad counter dan tekan OK
    Waste ink pad counter
  5. Centang pada bagian Main pad counter, Platen pad counter, & Ink system pad counter lalu tekan Check tunggu beberapa saat hingga angka point dan persen (%) muncul
  6. Setelah angka point dan persen muncul, pastikan ketika centang masih aktif dan tekan Initialize
    proses reset printer Epson L3210
  7. Printer akan melakukan proses reset beberapa saat hingga 1-3 menit lalu akan muncul window “Please turn off and turn on your printer
  8. Matikan printer, lalu hidupkan kembali dan printer siap digunakan

Membersihkan Buangan Tinta

Sebelum melakukan reset pada printer. Pastikan anda telah membersihkan buangan tinta yang ada dibelakang printer.

Membersihkan Buangan Tinta

Ini penting dilakukan karena error ini sejatinya untuk memberitahukan pengguna bahwa buangan tinta sudah penuh dan perlu dibersihkan atau diganti dengan bantalan buangan tinta yang baru.

Anda bisa membeli dulu bantal buangan ditoko online dan menggantinya pada printer. Harganya hanya belasan ribu saja. Setelah buangan tinta printer ini bersih, baru lakukan reset agar printer bisa digunakan kembali.

Kesimpulan

Printer bisa error saat digunakan pada waktu yang lama karena untuk memberitahukan pengguna agar membersihkan buangan tinta. Setelah membersihkan buangan tinta kita bisa menggunakan resetter untuk mengembalikan printer ke setelan pabrik agar printer bisa digunakan kembali.

Dalam artikel ini telah kami jelaskan semua hal yang penting dan berkaitan tentang Reset Epson L3210 menggunakan software resetter.

Akhir 2021 Epson mengeluarkan printer terbaru yaitu Epson L3210 melanjutkan kesuksesan printer Epson L3110. Printer All-in-one ini cukup baru sehingga masih banyak pengguna yang kesulitan mencari resetter yang diperlukan saat printer ini error.