Cara Menghemat Tinta Printer & Rekomendasi Printer Irit Tinta 2021

In Tinta Printer 2 views

Menghemat penggunaan tinta printer berdampak pada pengeluaran dan biaya produksi tinta, berikut adalah cara menghemat dan beberapa rekomendasi printer yang bisa anda gunakan dengan penggunaan tinta yang sangat irit.

Dengan mengetahui biaya pengeluaran tinta, dengan cara menghemat biaya dan penggunaan tinta printer maka jika anda menggunakan printer untuk usaha maka anda akan lebih hemat dengan pendapatan yang besar, serta tidak banyak pengeluaran pada tinta printer sehingga akan menekan biaya produksi cetakan.

Perlu diperhatikan adalah jangan sampai kualitas cetak akan berkurang drastis karena penggunaan tinta yang anda tekan seminimal mungkin. Sebagai contoh anda mencetak dengan mode draft. Jika pemakaian pribadi anda cukup mencetak 2 halaman menjadi 1 sehingga hal ini juga bisa menghemat pengeluaran tinta print.

Cara Menghemat Penggunaan Tinta Printer

Dibawah ini adalah beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk menghemat tinta printer, dengan melakukan hal ini diharapkan anda bisa menggunakan printer dengan sangat efisien

  1. Menggunakan jenis font yang hemat tinta, ini adalah langkah pertama yaitu dengan memakai font dengan huruf tipis saja seperti Times New Roman yang sedikit menghemat penggunaan tinta warna hitam. Jangan terlalu banyak tulisan di bold. Ini sangat efektif apalagi anda mencetak laporan hingga 500 halaman.
  2. JalankanĀ print preview terlebih dahulu agar tidak ada kesalahan dalam mencetak dan posisi yang tepat agar tidak salah
  3. Gunakan modeĀ Draft jika anda ingin mencetak hal yang tidak penting, atau ingin mengetes dulu sebelum mencetak yang real seperti mencetak blanko undangan, biasa kami melakukan ini sebelum menjalankan perintah print. Mode draft akan dijalankan printer dengan sangat cepat, hurus tipis dan gambar tipis sehingga sangat menghemat tinta printer anda
  4. Cerahkan gambar yang anda gunakan, jika anda ingin mencetak gambar, cerahkan dulu, mencetak gambar atau foto dengan warna gelap akan membuat tinta printer berjalan lebih banyak dari pada foto yang cerah. Anda bisa gunakan Photoshop untuk mengeditnya terlebih dahulu
  5. Kecilkan gambar, ini juga penting, gunakan gambar seperlunya saja, karena tinta printer akan banyak habis ketika anda mencetak gambar
  6. Gunakan mode greyscale pada printer, ini akan mengubah semua dokumen warna menjadi hitam dan putih ketika dicetak, efektif sekali jika anda ingin menghemat tinta warna pada printer. Tapi perhatikan juga jangan sampai demi menghemat cetakan anda harus mendapatkan hasil cetak yang tidak bagus, untuk bacaan boleh lah
  7. Mencetak banyak dokumen dalam satu kertas, ini efektif juga untuk menghemat tinta, anda bisa mencetak 2 halaman dalam 1 lembar, atau 4 halaman sekaligus pada cetakan kertas F4 anda
  8. Gunakan printer anda setiap hari, ini mungkin kedengaran aneh, tapi ini penting dilakukan, karena jika printer anda lama tidak digunakna, maka akan menyebabkan tinta tersumbat pada head cartridge sehingga hasil cetakan akan bergaris-garis, anda harus lakukan head cleaning untuk menghilangkan garis dan anda akan membuang banyak tinta karena itu
  9. Matikan printer dengan benar, ini penting juga untuk membuat printer mati dengan normal, membiarkan head printer kembali keposisinya saat mati dari pada mati secara tiba-tiba. Gunakan UPS agar printer tidak mati tiba-tiba. Ingat bahwa anda jangan sering mati hidupkan printer ketika digunakan, karena proses hidup mati printer akan membuat head membuang sedikit tinta pada setiap prosesnya
  10. Jangan salah pilih tinta, gunakan tinta original walaupun berharga lebih dibantingnya tinta palsu, ini akan membuat pengeluaran tinta lebih efisien
  11. Jangan sering head cleaning, proses head cleaning akan membuang banyak tinta, kecuali memang hal ini sangat dibutuhkan

Sangat mudah melakukan pengehamatan tinta pada printer, anda hanya perlu memperhatikan hal-hal kecil yang ketika dimana anda menjalankannya secara kontinue akan membuat anda menghemat tinta dengan baik.

Ini wajar, apalagi anda adalah anak kuliah yang sedang berhemat, atau anak sekolah untuk irit pengeluaran tinta karena tinta original seperti Epson, Canon dan Brother memiliki harga yang lumayan mahal.

Semoga bermanfaat untuk anda semua yang ingin mengehemat penggunaan tinta printer.

Namun apakah ada printer dengan penggunaan yang sangat hemat yang bisa direkomendasikan? berikut ulasannya.

Rekomendasi Printer Irit Penggunaan Tinta Terbaik 2021

Dapatkan printer dengan penggunaan tinta yang hemat, ini adalah investasi anda janga panjang.

Dengan membeli printer dengan harga mahal tapi hemat tinta, ini lebih baik dari pada anda membeli printer murah, tapi penggunaan tinta yang tidak efektif dan biaya produksi yang mahal.

Berikut beberapa printer dengan penggunaan tinta yang sangat hemat kami ulas lengkap semoga bisa bermanfaat.

1. Canon Pixma G1020 / G2020 / G3020 / G3060

Canon Pixma G1020

Canon Pixma G1020

Printer ini adalah keluaran terbaru pada akhir tahun 2020. Harga printer ini lumayan mahal dengan minimal 1,9 jt namun penggunaan tinta pada printer ini sangat efektif. Terdapat juga ink tank yang membuat anda sangat mudah mengisi ulang tinta.

Harga tinta printer ini disekitaran 130rb dengan maintenance cartridge sehingga printer anda tidak sering mengalami error.

Sekali isi tinta, printer ini bisa mencetak hingga 7,700 halaman! atau hanya Rp.67 perak dibandingkan ganti semua cartridge warna tinta, anda tidak perlu pusing menggunakan tips hemat tinta diatas jika menggunakan printer ini.

2. Brother DCP T310 / T220 / T420W

Brother DCP T310

Printer lain yang menghemat tinta saat mencetak yaitu printer brother ini, saat artikel ini ditulis printer ini harga lebih murah dari printer Canon, yaitu hanya 1,7 jt saja.

Printer ini menggunakan 4 warna tinta dengan masing-masing harganya 150rb. Dalam sekali pengisian ulang printer ini bisa mencetak hingga 6000 halaman, seperti yang pernah kita bahas, tidak apa-apa menggunakan printer yang mahal, selama biaya cetak yang murah, kembali ke anda bagaimana melakukan pengeluaran uang terhadap printer baru ya guys.

3. Epson L3110 / L1110 / L3150 / L5190

Epson L3110 terbaru

Printer Epson adalah raja dari sistem ink tank, pertama yang menggunakan ink tank dan sukses dengan banyak varian tipe L yang ada di Indonesia.

Printer ini telah lama dikenal dengan printer inktank dengan biaya cetak yang sangat hemat, terbukti penjualan yang sangat tinggi, banyak digunakan oleh kantoran, anak sekolah hingga bisnis skala kecil menjadikan printer ini menjadi salah satu list yang sangat kami rekomendasikan.

Harga printer ini saat artikel ini ditulis sekitar 2jt saja dengan harga tinta 70rb perbotolnya. Printer ini bisa mencetak hingga 5500 lembar sekali isi ulang. Sangat banyak dan anda bisa membeli printer hemat ini di toko komputer terdekat anda.

4. HP Ink Tank 315

HP Ink Tank 315

Printer yang ke 4 rekomendasi kami bisa rekomendasikan adalah HP Ink Tank 315. Dengan printer ini anda bisa mencetak hingga 8000 lembar untuk warna dan 6000 lembar untuk hitam putih dalam sekali isi tinta. Pengisian tinta juga cukup mudah karena juga memiliki ink tank pada printer.

Printer ini juga berharga cukup murah, yaitu 1,4jt. Printer HP memang dikenal dengan harga yang relatif murah dan dikenal dengan printer yang handal.

Demikian cara menghemat printer, pilihan printer yang tepat terutama tahun 2021 ini. Semoga bermanfaat dan jaga aktifitas anda selalu agar terjaga dari virus corona mematikan.

Tutorial Cara Cetak Stiker Vinyl Menggunakan Printer Inkjet
Tutorial Cara Cetak Stiker Vinyl Menggunakan Printer Inkjet
Printer yang ada dirumah anda bisa mencetak
Jenis Tinta Printer Epson Anti Pudar dan Luntur
Jenis Tinta Printer Epson Anti Pudar dan Luntur
Menggunakan printer untuk mencetak foto sekarang ini
Must read×

Top