Masalah Epson L1110 Macet Kertas, Lampu Orange Berkedip

Banyak masalah yang terjadi pada printer Epson terutama L1110 dimana yang paling sering terjadi yaitu macet kertas, atau kertas nyangkut, terjadi error hingga lampu orange berkedip hingga notifikasi service required pada layar komputer. Apa yang bisa anda lakukan jika terjadi error semacam ini? Berikut beberapa kondisi dan cara penanganannya.

Epson L1110 adalah list produk terbaru Epson seperti halnya Epson L3110, L3150 yang termasuk ECO Tank dan hingga sekarang bisa diperhatikan bahwa printer ini sama seperti tipe L sebelumnya, masih juga banyak masalah baik dibagian teknis maupun penggunaan dihalaman komputer.

Mengatasi Jam Paper atau Kertas Macet Epson L1110

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kertas macet pada printer Epson. Epson L1110 tidak bisa menarik kertas ini sangat sering terjadi dan kita tidak bisa menggunakan printer seperti biasanya. Beda kerusakan juga beda juga penanganannya, berikut beberapa kondisi dan hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi kertas macet pada Epson L1110.

Ada benda asing kecil

Hal pertama yang kadang luput dari perhatian kita yaitu adanya benda asing kecil yang masuk ke dalam tray paper atau tempat penarikan kertas. Bisa jadi anak steples, uang koin yang terjatuh atau benda asing kecil lain.

Benda kecil bisa mengakibatkan kemacetan pada penarik kertas, maka tutup printer anda jika tidak digunakan, gunakan lampu senter dari smartphone anda untu kmelihat apakah ada benda kecil yang sangkut.

Solusinya anda bisa menggunakan pinset untuk memindahkan benda asing kecil tersebut atau bahkan bisa membongkarnya sedikit jika dirasa cukup sulit untuk mengeluarkannya.

Masalah pada ASF Roller

Penyebab lain yang bisa mengakibatkan kertas macet yaitu ASF Roller penarik kertas sudah aus karetnya. Biasanya ini terjadi jika printer mencetak dengan frekuensi tinggi dan pemakaian sudah lebih dari 1 tahun.

Solusinya anda bisa mengganti ASF Roller terbaru Epson L1110. Bisa jadi kadang bahwa ASF Roller ini patah saat proses penarikan yang terjadi setiap kali mencetak. Jika ini terjadi segera lakukan pergantian. Kasus terparah hal ini mampu penggunci pergerakan motor penggulung kertas (paper feed) yang bisa terjadi error.

ASF Roller Epson L1110

Masalah lain yaitu ketika anda dengan kasar menarik kertas yang menyebabkan gigi gear ASF Roller rusak hingga patah di beberapa giginya. Penggunaan printer yang sangat banyak juga bisa terjadi kerusakan ini. Perhatikan bahwa jangan sekali-kali anda menarik keras keatas printer, melainkan dari depan printer jika memungkinkan.

gigi gear ASF Roller

Kertas kebanyakan dan kualitas kertas jelek

Masalah lain yang terjadi malah lucu, anda terlalu banyak menambahkan kertas pada rear tray sehingga printer tidak bisa menarik kertas, baca lagi spesifikasi berapa maksimal kertas yang bisa masuk sekali cetak!

Hindari juga penggunaan kertas yang telah kusut dan jelek. Sekalinya anda mengalami masalah kertas macet pada printer, dan anda menariknya dengan paksa, bisa jadi ini buntut dari semua masalah kedepan, jadi pastikan anda selalu menggunakan kertas yang bagus dan cukup besar agar terhindar dari masalah.

Perhatikan juga agar kertas tidak terstaples, tidak lembab saat digunakan dan terhindar dari semua benda asing kecuali kertas itu sendiri.

Epson L1110 lampu orange berkedip

Berbeda dengan printer tipe L sebelumnya jika lampu orange berkedip menandakan bahwa tinta printer hampir habis dan perlu pengisian ulang tinta maka pada printer Epson L1110 ini tidak terjadi, jika lampu pada icon kertas hidup mati bergantian berwarna orang berarti sedang ada masalah yang terjadi.

Jika printer dapat mencetak dengan normal, biarkan masalah ini terjadi, tidak perlu ambil pusing selama anda memperhatikan jumlah tinta di depan printer agar tidak habis kosong terutama tinta hitam yang sangat cepat habis menurut pengalaman penggunaan kami.

Jika terjadi, makan isi tinta dan lakukan head cleaning yang benar-benar bersih dulu agar semua tinta bisa masuk penuh normal kembali.

Jika lampu orange berkedip pada Epson L1110 dan printer tidak mau mencetak, maka printer bisa jadi terjadi masalah internal baik hardwarenya maupun software. Biasanya ada tanda pada komputer error apa yang sedang terjadi.

  1. Hidupkan komputer dan printer, sambungkan keduanya
  2. Buka Start
  3. Pilih Devices and Printers atau tekan Start > Run > printers > Enter
  4. Klik kanan pada printer yang terjadi error > Printing preference
  5. Pilih tab Maintenance
  6. Pilih Epson Status Monitor
  7. Perhatikan error pada window yang muncul

Beberapa error yang muncul diantarnaya yaitu A pritner’s ink pada is nearing the end of tis service live jika error ini terjadi silahkan restart printer anda dan printer anda bisa digunakan kembali dengan baik. Jika tidak bisa juga, klik dan tahan tombol resume selama 5 detik dan lepaskan, ulangi dengan menekan tombol 3 detik dan lepaskan, dan sekali lagi hanya 1 detik saja dan lepaskan. Tunggu printer loading sesaat dan harusnya normal kembali.

Jika yang terjadi adalah error Service Required dan atau Waste ink ful pad maka anda harus melakukan reset printer Epson L1110 dan bersihkan buangan tinta dulu agar tidak merembes.

Jika error yang terjadi It is time to reset the ink levels maka anda bisa melakukan cara pertama diatas. tekan tombol how to untuk melihat juga caranya.

Jika yang terjadi hanya menampilkan pesan Error maka ada sangkut pada printer, buka penutup printer dibagian depan, gunakan senter handphone untuk melihat adakah benda asing atau kertas sisa yang tersangkut didalam printer. Perhatikan lagi dengan seksama

Penutup

Demikian beberapa error yang pernah terjadi pada printer Epson L1110. Jika anda sering mengalami hal tersebut, maka selamat datang di komunitas error epson haha, sering terjadi error pada printer Epson namun penanganannya juga cukup mudah dan tidak sulit seperti yang anda bayangkan.

Beritakan kepada kami jika anda mengalami error selain yang saya tuliskan diatas, kami akan mencoba memberikan solusi pada artikel ini, terimakasih.