Epson L3156 Review, Spesifikasi, Harga dan Instalasi

Belum lama ini Epson baru saja meluncurkan produk baru Epson L3156 dengan warna baru yaitu putih. Bagaimana impresi dan reviewnya berikut kami ulas lengkap Epson Ecotank L3150 ini secara tuntas dan luas.

Epson L3156 Review

Epson L3156 Review

Saat melihat printer ini kami langsung mengingat printer yang menjadi andalan kami untuk usaha percetakan dan photocopy yaitu Epson L3110 yang sangat bandel dan irit, cocok untuk usaha kecil dan menengah dalam hal cetak mencetak.

Sama halnya dengan printer tersebut printer ini juga didesain sangat kompak dengan semua fitur lengkap mulai dari printing, scanning serta copy yang mudah dioperasikan dan irit biaya untuk operasional.

Super irit dan biaya rendah

Walaupun printer ini tergolong lebih mahal dikelasnya, tapi karena ke-iritan dari biaya dalam mencetak serta fitur ink tank dengan penginsian tinta yang mudah anda akan berfikir dua kali untuk mendapatkan printer ini. Satu botol tinta bisa mencetak hingga 4500 lembar hitam putih dan itu merupakan biaya yang sangat irit. Anda bahkan bisa balik modal hanya dengan 1 botol tinta jika bisnis anda lancar dan tepat.

Printer ini memiliki 4 warna tinta yaitu hitam, kuning, merah dan biru yang masing-masing bisa bertahan hingga ribuan halaman cetak. Cocok untuk bisnis percetakan. Bahkan bisa menekan biaya hemat hingga 90% dari pada printer biasa yang menggunakan cartridge.

Perhatikan bahwa printer akan kehilangan garansi jika anda menggunakan tinta dari produk yang tidak original dari Epson. Oleh karena itu pastikan anda selalu menggunakan tinta asli dari Epson agar printer tetap awet dan jika terjadi masalah anda bisa melakukan claim garansi dengan mudah dan cepat.

Tidak menggunakan cartridge sama sekali

Seperti yang saya jelaskan diatas, printer ini menggunakan ink tank untuk menampung tinta dari botol dan menyalurkannya ke head printer untuk selanjutnya melakukan proses printing. Tidak seperti printer sebelumnya atau merk lainnya yang masih menggunakan cartridge dengan biaya mahal tentu tidak irit.

Tinta Epson L3156

setiap botol tinta juga di desain dengan kepala pengisian yang berbeda seperti kunci sehingga anda tidak akan salah saat melakukan pengisian pada tinta diprinter. Selalu pastikan anda menggunakan tinta yang asli untuk menjaga printer tetap awet.

Bisa cetak dari mana saja

Printer Epson L3156 juga dilengkapi dengan fitur Wi-Fi dan Wi-Fi Direct dimana printer bisa menerima cetakan dari smartphone, tablet atau komputer dengan menggunakan aplikasi Epson iPrint atau bisa langsung dengan koneksi wifi tanpa aplikasi pada komputer.

aplikasi Epson iPrint

Untuk mendownload aplikasinya nya kamu bisa mengakses link ini.

Hasil cetak berkualitas tinggi

Selain itu dengan teknologi Micro Piezo printhead yang telah Epson gunakan dari beberapa tahun ini terbukti hasil cetak yang berkualitas serta tahan lama dengan detail yang sangat tinggi bahkan printer dokumen ini juga cocok digunakan untuk mencetak foto tanpa harus menggunakan printer dengan 6 warna.

Epson L3156

Selama saya gunakan printer Epson biasanya jarang terjadi kerusakan bahkan bisa dibilang printer dengan keawetan nomor 1 serta perbaikan yang mudah dan murah. Meningkatnya produktifitas dan bebas tumpah pada buangan tinta dengan selalu mengecek buangan tinta tentunya.

Printer Epson ini juga mampu mencetak borderless (penuh hingga ke pinggiran) dan mampu mencetak hingga ukuran maksimal A4. Semua kebutuhan kamu ada pada printer ini dan printer mampu mencetak dengan resolusi hingga 5760 x 1440 dpi.

Printer ini juga mampu mencetak tinggi hingga 33 ppm atau 33 halaman per menit atau hanya membutuhkan 1.8 detik saja perhalaman! dan 15 ppm untuk cetakan warna. Sangat cepat untuk proses cetak mencetak disamping kualitasnya yang memang nomor 1!

Epson L3156 Spesifikasi

Berikut ini spesifikasi dari printer Epson L3156:

  • Print Speed: Black: 33 ppm, Color: 15 ppm
  • Maximum Print Resolution: 5760 x 1440 optimized dpi
  • Maximum Paper Size: Legal Size
  • Network: Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct
  • Fungsi : print/copy/scan
  • Network Protocol: TCP/IPv4, TCP/IPv6
  • USB Interface: High Speed USB
  • Scanner Type: Color Flatbed
  • Optical Resolution: 1200 dpi
  • Maximum Scan Area: 216 x 297 mm
  • SO Copy Speed: Black: 7.7 ISO ipm, Color: 3.8 ISO ipm
  • Copy Quantity: 1 – 20 pages (PC-free)
  • Maximum Copy Size: Legal
  • Weight: 3.9kg
  • Dimension: 375 x 347 x 179mm (W x D x H)
  • Printing format: A4

Harga Epson L3156

Saat artikel ini ditulis, printer ini masih dengan harga kisaran Rp. 3.000.000 Rupiah dan saat peluncuran printer ini bahkan dapat diskon hingga 7% yaitu Rp. 2.779.00 disalah satu toko online langganan saya.

Harga Epson L3156

Dapatkan segera harga murah tersebut sebelum naik.

Instalasi Epson L3156

Sebelum melakukan pencetakan atau print dengan menggunakan printer ini, lebih baik anda melakukan instalasi sehingga printer bisa digunakan lebih maksimal sesuai settingan tertentu dan berikut cara melakukan instalasi pada printer Epson L3156:

  1. Buka kotak printer yang telah anda beli, keluarkan semua hal yang ada pada kotak dan buka plastik dll termasuk CD instalan.
  2. Buka plastik tinta serta penutup pada tinta, buka tempat tinta pada printer dan masukkan sesuai warna. Tunggu hingga penuh dan lakukan untuk semua warna tinta. Lakukan satu persatu.
    Instalasi tinta pada printer
  3. Hubungkan colokan listrik dengan printer. Hidupkan printer dengan menekan tombol power. Setelah printer hidup tekan tombol resume hingga warna led orange merah berkedip.
    Tekan tombol untuk instal pertama
  4. Jika lampu telah habis berkedip berarti printer siap digunakan untuk melakukan copy dll, silahkan tes untuk melakukan copy hitam putih atau warna.
  5. Jika ingin menghubungkan dengan komputer. Silahkan printer dihubungkan terlebih dahulu ke komputer dengan kabel yang telah tersedia pada kotak.
  6. Masukkan CD driver instalasi ke komputer. Akan muncul popup Install Navi. Centang Saya setuju dengan isi Perjanjian Lisensi lalu tekan Berikutnya. Tekan lagi Berikutnya lalu tekan lagi Berikutnya lalu tekan lewati.
  7. Pada window menyambungkan USB tekan saya sudah menyambungkan dan tekan Berikutnya. Lalu tekan selesai.
  8. Printer siap digunakan dengan komputer.