Cara Mengatasi Canon G1000 & G2000 Error 5200

Jika anda mengalami error pada printer yang anda gunakan, seperti error 5200 yang terjadi pada printer Canon G1000 atau G2000, maka anda ada di artikel yang tepat. Dalam artikel ini kita akan mencoba belajar mengatasi masalah ini.

Beberapa ciri yang terjadi jika printer error dengan Support Code : 5200 yaitu printer tampak seperti tidak terjadi error. Printer standby dengan lampu warna hijau menyala pada printer.

Sayangnya ketika perintah mencetak kita jalankan pada komputer, maka printer akan menolak mencetak juga disertai dengan blinking warna orange sebanyak 8 kali kedipan, selain itu akan muncul window error pada layar komputer anda.

Mengatasi Canon G1000-G2000 Error 5200

Ketika sudah demikian, maka printer tidak bisa diguankan, tidak akan menjalankan perintah mencetak, juga macet tidak bisa bekerja secara total.

Penyebab Error Support Code : 5200 Printer Canon

Ada beberapa penyebab yang menjadikan printer ini error dan tidak bisa digunakan seperti ciri yang terjadi diatas. Beberapa diantaranya yaitu:

  • Terjadi kesalahan dalam mencetak
  • Cartridge warna mengalami kerusakan, bisa berupa kerusakan sensor yang tidak bisa mendeteksi atau kerusakan sensor panas printer
  • Cartridge warna tidak ada tintanya, tabung cartridge kosong tanpa tinta

Mengatasi hal tersebut anda bisa membaca artikel ini hingga habis seperti dibawah ini.

Mengatasi Error Support Code : 5200 Printer Canon

Seperti pada ciri dan penyebab diatas. Beberapa hal bisa kita lakukan jika error ini terjadi. Silahkan ikuti beberapa langkah yang cocok untuk anda ikuti dibawah ini.

  • Langkah pertama coba dengan mematikan printer. Mencabutnya dari aliran listrik dan menunggu selama 10 menit. Jika belum berhasil lihat poin dibawah.
  • Isi tinta cartridge warna, isi sampai penuh, bisa dengan cara menyuntikkan dengan suntikan. Lanjut dengan menjalankan proses cleaning pada printer dan harusnya printer bisa berjalan normal kembali.
  • Jika error tetap terjadi, anda bisa mengganti cartridge warna dengan cartridge yang baru, anda bisa mengganti cartridge warna lain dengan merk yang sama untuk dicoba dahulu sebelum membeli yang baru

Selamat mencoba dan semoga tutorial ini berhasil berjalan pada printer G1000 atau G2000 anda.