Lampu Tinta Dan Kertas Berkedip Pada Epson L805

In Masalah Printer 7 views

Beberapa waktu terakhir ini, banyak yang bertanya printer Epson L805 tidak bisa mencetak dengan lampu tinta dan kertas yang berkedip bergantian atau sering disebut dengan blinking. Apa penyebab masalah ini bisa terjadi dan bagaimana cara mengatasinya?

Printer Epson L805 adalah salah satu printer yang paling banyak digunakan oleh percetakan karena hasilnya yang sangat bagus dalam mencetak foto maupun ketahanannya, selama anda menggunakan tinta original hasil cetakan tetap stabil dengan warna yang detail dan cerah serta tahan. Printer ini adalah produk lanjutan dari Epson L800 setelah sukses membuat studio foto dengan mesin sure-lab bergoyang karena kehadirannya menggebrak pasar percetakan foto skala kecil.

Penyebab lampu kertas dan tinta berkedip di Epson L805

Berjalannya waktu dengan frekuensi cetakan yang tinggi membuat printer ini menjadi error dan tidak bisa digunakan secara tiba-tiba dan ini dipastikan akan dialami oleh semua orang yang menggunakan produk ini.


Beberapa kesalahan memiliki pesan error yang bisa dilihat pada komputer, baik dengan pesan error Service Required maupun pesan error lain seperti Ink waste is Full atau Ink pad Is At the End Of Its Service Live. Namun saya juga pernah mengalami bahwa printer tidak bisa dilihat statusnya di komputer. Komputer seperti tidak bisa terkoneksi dengan printer seperti printer offline padahal sudah terkoneksi dan di Printers and Devices sudah berstatus ready.

Apapun kesalahan yang anda alami, baik salah satu atau kedua seperti diatas bisa dipastikan bahwa printer anda harus diperbaiki dengan cara reset, tutorialnya ada dibagian bawah artikel ini.

Penyebab yang bisa menjadi printer Epson L805 ini error adalah karena buangan tinta yang sudah penuh. Karena secara otomatis printer yang telah di set sedemikian rupa oleh vendor telah difikirkan bahwa pada angka cetakan ke sekian ribu printer akan kepenuhan buangan tintanya dan sebagai pengguna kita harus membuang tinta buangan printer ini, baik dengan mengganti busa maupun membersihkannya.

Buangan tinta yang penuh

Beberapa orang lebih memilih membuat buangan ke botol kecil lain agar tidak perlu mengganti busa buangan tinta dan lebih hemat.

Buangan tinta Canon MX497

Beberapa orang lain cukup mengganti busa dan printer tidak tampak aneh dengan botol asing dibelakangnya.

Inilah yang membuat printer anda error, anda harus mengganti buangan tinta printer agar tidak bocor sewaktu-waktu dan membuat meja kerja anda kebanjiran tinta yang mengakibatkan kotor.

Jika anda telah mengetahui kenapa error blinking dengan lampu pada tombol tinta dan kertas berkedip, maka sekarang mari kita mencoba menyelesaikan masalah ini.

Solusi lampu kertas & tinta berkedip di Epson L805

Berbicara masalah solusi, jika anda ingin sedikit ribet pasti apapun masalah device elektronik pasti bisa kita perbaiki lagi, apalagi error lampu blinking Epson L805 ini. Namun, jika anda tidak ingin ribet, anda cukup membawa printer ke reparasi printer dikota anda dan serahkan semuanya kepada ahlinya, biasanya untuk memperbaiki masalah ini tidak mahal, hanya sekitar 100ribuan saja.

Jika tidak, anda bisa mengikuti tutorial cara mengatasi lampu tinta dan kertas berkedip berikut ini:

  1. Pastikan komputer dan printer anda telah saling terhubung dan komputer telah terinstall driver terbaru Epson L805
  2. Download resetter di Epson L805 resetter dan ekstrak di komputer anda
  3. Jalankan program Adjprog.exe dengan cara klik 2x atau jika gagal dengan klik kanan run as Administrator
  4. Setelah terbuka, perhatikan model apakah telah terpilih secara otomatis Epson L805, jika belum tekan Select > Port > Pilih USB port yang terkoneksi ke printer dan klik Ok
  5. Tekan Particular adjustment modeWaste ink pad counter
  6. Checklist pada ink pad counter dan platen pad counter lalu tekan Check, tunggu sesaat hingga muncul angka dibagian point dan persennya
  7. Jika sudah muncul angka, centang lagi Main pad counter dan Platen pad counter lalu akhiri dengan menekan Initialize
  8. Tunggu loading lalu tekan Ok jika sudah dan matikan printer anda
  9. Tekan lagi Ok lalu hidupkan komputer anda
  10. Printer sudah normal dan dapat digunakan kembali dengan normal

Seharusnya printer anda sekarang tidak mengalami error lagi dan printer dapat digunakan kembali dengan normal bagaimana biasanya. Coba anda perhatikan kembali, apakah blinking pada indikator tinta dan kertas masih ada? seharusnya jika anda telah melakukan reset maka blinking warna orange pada kedua tombol tersebut sudah hilang sekarang.

Printer sudah bisa berjalan normal seharusnya, jika tidak, silahkan kontak kami, kami akan mencoba menyelesaikan masalah printer anda dalam bentuk tutorial, jadi jangan pernah sungkan untuk bertanya.

Mengatasi Masalah Tidak Bisa Memilih Printer di Excel, Word, dll.
Mengatasi Masalah Tidak Bisa Memilih Printer di Excel, Word, dll.
Masalah tidak bisa memilih printer di aplikasi
Kenapa Printer Paused, Offline dan Busy? Ini Solusinya!!
Kenapa Printer Paused, Offline dan Busy? Ini Solusinya!!
Berbagai macam masalah pada printer seringkali terjadi,
Masalah Epson L1110 Macet Kertas, Lampu Orange Berkedip
Masalah Epson L1110 Macet Kertas, Lampu Orange Berkedip
Banyak masalah yang terjadi pada printer Epson
Solusi & Penyebab Kenapa Printer Tidak Bisa Scan
Solusi & Penyebab Kenapa Printer Tidak Bisa Scan
Kenapa printer tidak bisa scan? ini bisa
Mengatasi Masalah Setelah Isi Ulang Tinta Printer
Mengatasi Masalah Setelah Isi Ulang Tinta Printer
Apakah anda mengalami masalah setelah melakukan pengisian
Lampu Kertas Menyala Pada Printer Epson L3110
Lampu Kertas Menyala Pada Printer Epson L3110
Jika kamu tiba-tiba mengalami masalah berupa lampu
Must read×

Top