Tutorial Cara Cetak Stiker Vinyl Menggunakan Printer Inkjet

In Tinta Printer 0 views

Printer yang ada dirumah anda bisa mencetak pada media apapun termasuk pada kertas vinyl dan mika dan dibawah ini informasi yang ingin kami bagikan kepada anda.

Seperti yang kita ketahui bahwa akan sangat susah sekali mencetak di beberapa media seperti stiker vinyl, mika yang dibutuhkan pada tukang sablon untuk membuat klise cetakan, kain spunbond dan media lain sebagainya. Media-media tersebut akan sangat susah sekali dicetak oleh printer inkjet seperti Epson L tipe dan sejenisnya. Jika bisa juga hasilnya juga akan sangat jelek, warna yang tidak sesuai dan kurang cerah dan tentu tinta akan terserap atau kacau oleh media-media tersebut karena tidak cocok dan hasilnya tidak memuaskan.

Pada contoh, kita akan melakukan cetakan pada 2 media saja yang sering digunakan, yaitu kertas stiker vinyl dan mika. Untuk media cetak lain silahkan berkreasi sendiri untuk hasil lebih maksimal.

Beberapa hal yang perlu anda siapkan diantarnya:

  1. Kertas Vinyl atau mika
  2. Cairan Magic Inkjet Coater

Cairan Magic Inkjet Coater

Cara mengaplikasikannya:

  1. Perhatikan terlebih dahulu bahwa permukaan media mika atau vinyl bebas dari debu dan abu dan apapun benda asing diatasnya dan tanpa cairan sejenis minyak yang menempel di permukaan.
  2. Disini kita akan menggunakan cara lama yang tradisional untuk menggunakan cairan magic tersebut. Kita menggunakan kapas yang halus yang biasa digunakan untuk membersihkan wajah atau dengan spoon yang paling halus dan oleskan secara perlahan ke permukaan vinyl atau mika. Kocok terlebih dahulu botol cairan magic inkjet coater. Gunakan dengan teliti dan hati-hati.
  3. Oleskan secara horizontal dan secara perlahan dengan hati-hati. Oleskan tipis-tipis dan jangan ditekan dan pastikan tidak ada serat dari kapas yang tertinggal pada media.
  4. Tunggu 15 menis agar cairan magic ini mengering
  5. Anda bisa kembali mengoles cairan magic ini agar hasilnya lebih optimal dan tunggu 15 menit lagi.
  6. Sekarang media kertas tersebut sudah bisa digunakan untuk mencetak dengan menggunakan inkjet printer rumahan biasa. Seperti menggunakan kertas biasa

Agar lebih maksimal hasilnya anda bisa melakukan semprot dengan cat semprot acrilyc dengan warna bening atau clear yang ada biasanya di toko aksesoris motor, dengan ini hasilnya akan lebih awet dan tahan lama.

Tambahan tips jika anda ingin mencetak pada media seperti plastik dan sesuatu yang tidak memiliki pori seperti mika, plastik, dan sejenisnya maka kami menyarankan anda untuk selalu menggunakan tinta Art paper atau tinta pigment agar tempelannya lebih kuat dan cepat kering. Kurang maksimal hasilnya jika anda menggunakan tinta dye biasa.

Jenis Tinta Printer Epson Anti Pudar dan Luntur
Jenis Tinta Printer Epson Anti Pudar dan Luntur
Menggunakan printer untuk mencetak foto sekarang ini
Must read×

Top