Solusi Hasil Print Bergaris Canon MP287 dan Canon iP2770

In Masalah Printer 0 views

Memperbaiki printer Canon MP287 yang bergaris perlu dilakukan agar hasil cetakan tetap bagus. Berikut dibawah ini merupakan solusi jika printer anda rusak bergaris, demikian juga untuk printer Canon iP2770.

Printer adalah kebutuhan pokok pada setiap kantor dan yang bekerja di depan komputer, dengan berbagai alasan printer tetap dijadikan device yang sangat penting untuk percetakan bahkan dengan kelebihan printer sekarang kita bisa dengan mudah melakukan scan dan copy dengan hanya menggunakan satu printer saja seperti Epson L3110 dan printer Canon MP287 ini.

Salah satu masalah yang sering terjadi saat melakukan cetak pada printer adalah hasil cetak yang bergaris-garis bahkan warna tertentu hilang dan hasil cetaknya menjadi sangat jelek. Hal ini bisa terjadi karena frekuensi cetak yang terlalu sering seperti pada percetakan atau printer di tempat fotocopy atau karena terlalu lama disimpan printer tersebut sehingga ada bagian tinta di cartridge yang mengeras dan tidak dapat mencetak dengan normal.

Solusi Hasil Print Bergaris

Untuk mengatasi hal tersebut, berikut dibawah ini solusi untuk memperbaiki hasi print yang bergaris baik untuk printer Canon MP287 atau Canon iP2770;

1. Membersihkan Encouder

Encouder berupa mika panjang yang membentang dibelakang catridge pada sebuah printer, encouder ini berfungsi sebagai sensor, bila encouder ini kotor (misalnya terciprat tinta dikala pengisian) hingga hendak mempengaruhi pada hasil cetaknya, antara lain hasil cetak biasanya akan bergaris.

Membersihkan Encouder

Buat mensterilkan encouder, bisa dengan membersihkannya dengan tissu secara lama- lama, ataupun bila Kamu memiliki kapasitas buat membuka encouder bisa melihatnya di youtube, Kamu bisa merendamnya dalam air hangat sehingga kotoran yang melekat kira-kira gampang dibersihkan, yakinkan encouder kering saat sebelum dipasang kembali.

2. Rendam Cartridge Dengan Alkohol ataupun Air Hangat

Perihal ini dicoba bila tinta pada cartridge menggumpal, umumnya terjalin apabila printer tidak digunakan dalam waktu lama, oleh sebab itu sebagian teknisi biasanya menyarankan supaya printer tiap hari digunakan buat mencetak dokumen paling tidak satu halaman setiap hari.

Rendam Cartridge Dengan Alkohol

Penggumpalan pada tinta pasti saja hendak menyebabkan hasil cetak yang tidak baik bukan cuma bergaris, hasil cetak bisa sangat pudar apalagi jadi kosong (tidak tercetak apapun) walaupun tinta baru diisi serta dalam kondisi penuh, perihal tersebut sebab tinta yang menggumpal pada head (bagian dasar cartridge) menutupi keluarnya tinta baru yang masih bagus.

Cara mengatasinya cukup dengan merendam head-nya dengan air hangat, jangan merendam totalitas cartridge, lumayan bagian headnya saja, sebagian teknisi menganjurkan buat memakai air alkohol buat merendam cartridge atau bisa juga dengan melakukan head cleaning dahulu pada printer.

3. Kuras Tinta dari Cartridge

Sesungguhnya metode ini ialah tindak lanjut dari metode pada poin 2 diatas, buat memaksimalkan keadaan tinta pada cartridge yang bermasalah sebab tinta yang menggumpal, tidak hanya merendam cartridge dengan menggunakan air hangat ataupun air alkohol, sedot tinta dalam cartridge sampai habis (kosong).

Menyedot tinta dari cartridge dapat memakai suntikan yang biasa digunakan buat mengisi tinta, maksudnya tinta disedot dari bagian atas cartridge, ataupun dapat pula memakai sedotan spesial, suntikan biasa yang dimodifikasi sehingga pengeluaran tinta bisa langsung dicoba dari bagian dasar cartridge bagian head.

4. Pastikan Tinta Berjalan Lancar ke Cartridge

Tinta harus mengalir dengan baik ke cartridge sehingga tidak menimbulkan ketidaksesuaian pada hasil cetak, perihal itu terjalin sebab pasokan tinta pada cartridge tidak optimal.

Jika kamu mengalami aliran tinta dari botol infus ke cartridge tidak mudah ataupun putus- putus, cabut ujung selang yang menancap pada cartridge kemudian sedot lama- lama dengan suntikan yang dimodifikasi sampai tinta menggapai ujung selang kemudian masukkan ke lubang cartridge.

5. Melakukan Head cleaning

Head cleaning ialah bagian fitur lunak printer management, bisa diakses pada Control Panel > Hardware and Sound > Devices and Printers, klik- kanan pada printer yang setimpal setelah itu seleksi Printing Preference setelah itu buka tab Maintenance, nyaris seluruh merk printer pasti memiliki fitur head cleaning ini.

Lihat tutorial cara melakukan head cleaning dengan benar.

Jalankan fitur Head Cleaning (pada printer merk EPSON) ataupun Cleaning serta Deep Cleaning (pada printer merk CANON) sampai berakhir serta ulangi paling tidak sampai 3 kali, fitur ini hendak mensterilkan bagian head dari cartridge sekalian melancarkan aliran tinta dalam cartridge.

6. Perhatikan kualitas cetak

Nyaris seluruh printer dilengkapi fitur buat mengendalikan mutu cetak dari mutu rendah( hasil cetak kurang baik tetapi prosesnya kilat, sesuai buat mencetak draft) mutu wajar( menyelaraskan mutu cetak dengan kecepatan cetak, umumnya digunakan buat emncetak dokumen yang berisi bacaan) serta mutu terbaik( mutu cetak optimal dengan konsekuensi waktu cetak yang lebih lama, digunakan buat mencetak foto) pada printer Canon.

Sebaliknya pada printer EPSON biasanya ada 5 opsi cetak antara lain draft( mutu terendah), Text( mutu yang sesuai buat mencetak dokumen yang cuma berisi bacaan), Text& Image( mutu yang sesuai buat mencetak dokumen yang berisi bacaan serta foto), Photo( mutu besar yang sesuai buat mencetak gambar bermutu standar), serta Best Photo( mutu paling tinggi yang sesuai buat mencetak gambar bermutu besar).

Misalnya printer Epson yang digunakan diatur dalam mutu Text serta hasil cetaknya bergaris, hingga hingga dengan tingkatkan mutu jadi Text & Image( diprediksi) hendak menuntaskan permasalahan hasil cetak bergaris yang dihasilkan, tetapi konsekuensinya kenaikan mutu hendak menyebabkan waktu cetak yang lebih lama.

7. Ubah Cartridge Dengan Yang Baru

Bila seluruh metode diatas tidak jadi pemecahan dalam menanggulangi permasalahan hasil cetak bergaris pada printer Kamu, hingga Aku sarankan buat memikirkan membeli cartridge baru yang setimpal dengan printer yang Kamu pakai, tidak butuh dua- duanya( cartridge B( black) serta cartridge C( colors, cyan- magenta- yellow)), buat sedangkan lumayan salah satu cartridge yang bermasalah.

Seperti printer merk CANON yang cartridge-nya menyatu dengan printer head (kepala pencetak)sehingga apabila head-nya rusak hingga bisa ditukar dengan mengubah cartridge yang baru, lain halnya dengan printer merk EPSON yang printer head- nya terpisah dengan cartridge.

8. Klaim Garansi

Tiap fitur elektronik yang dibeli dalam status baru, biasanya telah jadi kesatuan bagaikan bagian dari pelayanan produsen fitur tersebut ialah layanan garansi, umumnya garansi berlaku sepanjang satu tahun( sebagian produsen fitur keras apalagi terdapat yang membagikan garansi sepanjang 5 tahun apalagi lebih), dengan menggunakan layanan garansi ini biasanya konsumen tidak diwajibkan membayar bayaran revisi atas fitur tersebut.

Menggunakan layanan garansi Aku pikir ialah pemecahan teraman sebab fitur keras( dalam perihal ini printer) yang rusak hendak ditangani langsung oleh orang yang memanglah pakar serta terbukti dalam menanggulangi fitur keras tertentu, tetapi umumnya waktu yang diperlukan( sebab permasalahan prosedur) hendak relatif lebih lama.

Demikian sebagian metode menanggulangi hasil cetak printer bergaris, memanglah membetulkan kehancuran pada printer secara belajar sendiri( dicoba oleh sendiri) hendak lebih murah, mengasyikkan( apabila sukses) serta menaikkan pengetahuan kita apabila dikemudian hari terdapat sahabat ataupun saudara yang hadapi perihal yang seragam, tetapi senantiasa utamakan keselamatan kerja.

Cara Benar Melakukan Head Cleaning Pada Printer
Cara Benar Melakukan Head Cleaning Pada Printer
Head Cleaning Pada Printer – Hal yang
Masalah Epson L3110 Tidak Bisa Print & Tidak Keluar Tinta
Masalah Epson L3110 Tidak Bisa Print & Tidak Keluar Tinta
Epson L3110 adalah printer yang sangat populer
Must read×

Top