Masalah Printer Brother Print Unable 50 & Cara Mengatasinya

In Printer Brother 5 views

Setiap merk printer pasti sering memiliki masalahnya tersendiri termasuk printer Brother dengan error print unable 50 yang paling sering terjadi pada merk printer ini sehingga printer tidak bisa digunakan jika terjadi error dengan pesan tersebut.

Dibawah ini anda bisa menyimak bagaimana cara bisa untuk mengatasi masalah print unable 50 dan 30. Kedua masalah ini sama dan sering terjadi. Sebelum melakukan proses perbaikan untuk masalah print unable, ada baiknya anda membersihkah printer Brother anda terlebih dahulu. Rentang waktu pemakaian printer yang lama membuat printer menjadi berdebu dibagian dalam dan kotor, ini perlu anda perhatikan dan bersihkan.

Berikut dibawah ini cara mengatasi Print Unable 50, silahkan ikuti langkah-langkah yang bagusinprinter jabarkan berikut ini.

  1. Dengan menggunakan obeng, bongkar printer Brother anda terlebih dahulu dengan membuka baut-bautnya, perhatikan setiap baut yang anda buka untuk memudahkan pemasangan kembali setelah selesai.
  2. Setelah terbongkar semua, perhatikan dalam printer dan lihat untuk angka 1 dan 2 yaitu pita encorder dan nomor 3 yaitu PURGE Count Encorder.
    Printer Brother dibongkar
  3. Bersihkan semua nomor yang ditunjuk dari debu dan kotoran yang tersangkut seperti sisa tinta, sisa kertas dan lain-lain yang menyumbat berjalannya pita ini dan ASF (Sensor). Bisa menggunakan tisue basah atau alkohol dengan mengusapnya dengan perlahan.
  4. Setelah bersih, geser rumah cartridge ketengah printer, buka penutup cartridge dan bersihkan semua bagian cartridge.
  5. Selanjutnya ambil tisue dan lipat kecil dan tempatkan dibawah head cartridge seperti gambar.
    Bersihkan cartridge dengan tisue
  6. Seharusnya printer akan mengalirkan tinta ketisue, dan hasilnya seperti berikut.
    Tisue dibasahi tinta printer
  7. Perhatikan tinta hitam yang tidak ada alias tidak mengalir ketisue baik karena tersumbat atau cartridge yang rusak, ini juga yang menyebabkan printer Brother Unable to Print 50 atau 30.
  8. Untuk mengatasinya, buka penutup head cartridge, pada bagian yang kami tandai dengan warna merah pada gambar dibawah ini bersihkan bagian tersebut dari percikan tinta maupun debu dengan yang menempel dan sesuatu dapat menghalangi sensor.
    Membersihkan sensor printer
  9. Jika diperlukan, dengan menggunakan air hangat, bersihkan dengan cara merendam dan menggerakkan secara perlahan supaya bersih dari tinta atau kotoran yang menempel.
  10. Keringkan dan tunggu (agar lebih cepat gunakan hair dryer) dan pasang kembali ke tempatnya
  11. Rakit kembali printer Brother anda dan nyalakan printer Brother jika telah menjalankan tip-tip diatas.

Anda tidak perlu bingung dan takut jika masalah print unable 50 terjadi pada printer anda, silahkan ikuti langkah diatas yang terbukti bisa berjalan baik jika anda menjalankannya dengan benar dan teliti. Masalah error ini memang sering terjadi pada printer Brother.


Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda, silahkan hubungi kami jika terjadi masalah dengan printer anda.

Download Brother DCP-T710W Driver Terbaru
Download Brother DCP-T710W Driver Terbaru
Brother DCP-T710W adalah printer multifunction yang punya
Download Brother DCP-T310 Driver Gratis
Download Brother DCP-T310 Driver Gratis
Dibawah ini kami menyediakan link download Brother
Must read×

Top