Mengenal Berbagai Kode Error Printer Canon

In Error Printer 4 views

Disini anda akan mengenal berbagai kode error yang sering terjadi pada printer Canon. Printer sama seperti mesin lain yang sering terjadi error dan membutuhkan perbaikan dengan mengenal terlebih dahulu apa kode error pada setiap printer Canon.

Printer adalah mesin yang sangat banyak digunakan oleh orang-orang saat ini. Hampir setiap pelajar atau mahasiswa memiliki printer sendiri untuk mencetak tugas dan bahan pelajaran. Mengingat harga printer yang juga murah dan terjangkau dan tersedia berbagai macam merk salah satunya yaitu Canon printer.

Namun masalah kerap saja terjadi jika anda telah menggunakan printer dengan frekuensi yang banyak atau waktu yang lama. Yang namanya mesin pasti memiliki umur baik umur cetak maupun hal default yang dibuat oleh perusahaan mesin agar printer tetap terjaga seperti mengingatkan untuk membersihkan buangan tinta dengan kode error 5B00.

Banyak error lain denga kode-kode yang asing bagi kita, namun pada daftar tabel dibawah anda bisa melihat dan mengenal masalah tersebut, anda bisa lihat kerusakan melalui kode-kode error printer. Dengan mengetahui error apa yang terjadi pada printer yang anda gunakan, anda bisa melakukan service atau perbaikan sendiri pada printer jika mampu atau membawanya ke tempat service printer.


Beberapa error yang sering terjadi pada printer Canon diantaranya Printer out of paper, paper jammed, The ink Has Run Out, kesalahan-kesalahan ini juga acap kali bisa dilihat pada lampu LED printer yang berkedip.

Mengenal Berbagai Kode Error Printer Canon

Ketika printer Canon mengalami error, biasa akan menimbulkan huruf E pada led printer, dan lampu kuning akan menyala atau berkedip disertai kesalahan seperti: E02, E05, E08 dan lainnya seperti huruf P untuk power dengan kode kesalahan error seperti P 02, P10 dll. Oleh karena itu, jika terjadi kesalahan dengan erro yang tampil pada LED dan lampu orange, periksalah kode kesalahan printer Canon tersebut.

Berbagai Kode Error Printer Canon

No Kode Eror Penyebab Cara Mengatasi
1 Kode Eror E02 Printer is Out of Paper, kertas tidak masuk dengan baik Masukkan kertas dengan benar
2 Kode Error E03 Paper Jammed, Kertas Macet – Reload Kertas dengan benar
– Cek apakah ada sesuatu yang menghalangi masuknya kertas
– Cek Roller kertas apakah berfungsi dengan baik atau tidak
– Cek Pembaca sensor kertas yang letaknya disebelah roller kertas, bila rusak segera ganti
3 Kode Error E04 The FINE Cartridge cannot be recognized, Catridge canon MP287 tidak terpasang dengan baik Lepaskan Catridge, bersihkan, kemudian pasang kembali
4 Kode Error E05 The FINE Cartridge cannot be recognized, Catridge tidak terpasang lengkap, atau ada salah satu yang rusak – Lepaskan Catridge dan bersihkan kemudian pasang lagi
– Ganti Catridge
5 Kode Error E07 The FINE Cartridge is not installed in the correct position, Cartridge tidak dipasang dalam posisi yang benar – Periksa apakah Cartridge Hitam / Warna sudah dalam posisi yang benar
– Printer Perlu di reset
6 Kode Error E08 Ink absorber is almost full, Ink Absorber hampir penuh Printer perlu direset dengan software
7 E13 dan E16 Ink has run out Tekan tombol STOP / RESUME sampai display indikatornya berproses dan menunjukkan angka 1
8 Kode Error P02 Catridge error – Cek roll printer
– Keluakan jika ada benda asing yang masuk
– Bersihkan encoder
9 Kode Error P03 Line feed error – Cek timing disk sensor
– Cek dan bersihkan mainboard
10 Kode Error P05 ASF sensor error Ganti salah satu suku cadang :
– ASF sensor unit
– Motor
– Board
11 Kode Error P06 Internal temperature error (panas berlebihan) – Bersihkan bagian dalam printer
– Bersihkan sensor pada catrid
– Ganti board
12 Kode Error P07 Ink absorber full Reset printer dengan program
13 Kode Error P08 Print head temperature rise error (head terlalu panas, melebihi batas) Ganti Catridge warna
14 Kode Error P09 EEPROM error – EEprom board corrupt
– Ganti board
15 Kode Error P15 USB VBUS over current – Ganti kabel USB
– Ganti board
16 Kode Error P20 Other hardware error – Kerusakan hardware lainya
– Ganti mainboadnya
17 Kode Error P22 Scanner error (Scanernya tidak berfungsi) – Ganti scanner
– Ganti board

Kode error dari indikasi lampu printer

No Kode Eror Penyebab Cara Mengatasi
1 3x blink Orange 1x hijau Terdapat kotoran pada bagian dekat roller , bisa juga karena mekanik yang rusak. Silahkan bongkar printer ( jika sudah tidak bergaransi , kalau masih bawa saja ke service center tempat Anda membelli printer ) cek apakah ada benda asing yang menyumbat, perbaiki atau ganti mekanik.
2 4x blink Orange 1x hijau Wante Ink Pad Full Reset Printer pake software
3 5x Blink Orange 1x Hijau Cartridge Hitam atau Warna yang Rusak Cek cartridgenya , bersihkan chip cartridge pake tisu mungkin kotor terkena tinta yang menyebabkan tidak konek , Bersihkan dulu chip cartridge dengan tisu basah lalu keringkan dengan tisu kering, kalau tetap g bisa , ganti cartidge.
4 7x Blink Orange 1x hijau Cartridge yang Warna Rusak/ mati Ganti Cartridge Warna
5 7x blink Orange dan hijau secara bergantian Waste Ink Pad Full , Ink Absorber Full Pertama untuk printer yang tidak diinfus / diinfus tp tidak diberi pembuangan , bersihkan busa penyerap tinta pada bagian bawah printer / bisa juga diganti , lalu reset printer menggunakan software resetter.
6 8x Blink Orange 1x Hijau Ink tank full Reset printer menggunakan software resetter
7 13x / 16x blink Orange 1x hijau Cartridge tidak terpasang dengan baik , pada saat nge print muncul gambar cartridge seperti terlepas ke atas pada layar monitor anda. Tekan dan Tahan Tombol Resume ( di bawah tombol power ) kurang lebih 10 detik.
8 14x / 15x Blink Orange 1x Hijau Cartridge Hitam Rusak, chip cartridge atau mati. Bersihkan dulu chip cartridge dengan tisu basah lalu keringkan dengan tisu kering, jika masih tidak bisa baru Ganti Cartridge Hitam.

Indikasi lampu printer dan error pada komputer

No Kode Eror Penyebab Cara Mengatasi
1 Jumlah berkedip 2 dan kode eror 1000 Tidak ada kertas di tray belakang Masukan kertas dan tekan tombol reset
2 Jumlah berkedip 3 dan kode eror 1203 Penyebab Penutup dibuka saat pencetakan sedang berlangsung Silakan tutup penutup printer
3 Jumlah berkedip 3 dan kode eror 1300 Kertas macet di dalam slot keluaran Matikan dulu printer, tarik kertas yang macet, hidupkan kembali
4 Jumlah berkedip 4 dan kode eror 1687, 1401,1403,1485 Catridge tidak terpasang dengan benar Matikan printer, lepas katrit dan pasang kembali dengan benar, jika masih tetap seprti ini coba tekan tombol reset kurang lebih selama 5 detik
5 Jumlah berkedip 8 dan kode eror 1700,1701 Tinta absorber hampir penuh Lakukan reset dengan software resetter canon
6 Jumlah berkedip 9 dan kode eror 11890 Selotip pelindung dudukan melekat belum di copot Lepaskan solatip pelindung
7 Jumlah berkedip 13 dan kode eror 1686 Tinta Habis Silakan isi ulang (refil) tinta printer anda
8 Jumlah berkedip 14 dan kode eror 1684 Catridge tidak dapat dikenali Coba tekan tombol reset kurang lebih 5 detik, jika gagal silakan anda ganti dengan Catridge yang kompatibel dengan canon MG2500

Silahkan anda bisa mengecek setiap kode pada tabel diatas secara lengkap, kode-kode diatas kami kumpulkan dari berbagai sumber yang valid. Jika kita tahu letak kesalahan melalui kode error, tentu kita mudah melakukan perbaikan sebelum kita membawanya ke reparasi printer.

Kode error ini berlaku untuk hampir semua tipe printer Canon. Beberapa perbaikan seperti Cara Reset Canon G1000 Error 5B00,

Cara Reset Canon, dll pernah kami tuliskan pada artikel-artikel lain.

Jika anda tidak terbiasa dan membutuhkan fokus dalam pekerjaan kamu, maka solusi satu-satunya yaitu anda segera membawa printer ke tempat service printer terdekat dikota anda agar professional yang membuatkannya untuk anda.

Semoga artikel ini bermanfaat.

Mengatasi Masalah Service Required di Printer Epson L3110
Mengatasi Masalah Service Required di Printer Epson L3110
Masalah Service Required ini sangat sering terjadi
Solusi Gagal Dan Tidak Bisa Install Driver Printer
Solusi Gagal Dan Tidak Bisa Install Driver Printer
Gagal Dan Tidak Bisa Install Driver Printer
Must read×

Top