Menentukan Tarif Jasa Ketik Dokumen dan Print, Berapa yang cocok?

In Percetakan 0 views

Salah satu layanan yang sering digunakan oleh konsumen adalah jasa pengetikan, baik professional ataupun amatir seperti ditempat print disekitar rumah anda, sebagai seorang yang memberikan layanan, berapakah tarif yang cocok untuk jasa pengetikan ini? Bisakah bisnis pengetikan bisa berkembang kedepannya? Berikut ulasan kami.

Anda tentu tidak perlu ribet untuk menentukan harga dari pengetikan dokumen dan print jika diperlukan dan perlu anda ketahui bahwa ada beberapa faktor yang menentukan harga sebuah pengetikan dan print dokumen semua akan kita bahasa dalam artikel ini.

Menentukan Tarif Jasa Ketik

Pengetikan sendiri ada yang online dan offline, untuk online anda bisa menjadi jasa penulis artikel, membuka jasa disitus ads.id atau bisa juga membuka jasa di freelancer atau sribulancer. Jasa ketik di online biasanya sudah ada harga paket yang sudah ditentukan, untuk harga bisa dilihat tergantung web dan paketnya masing-masing.


Bagi kamu yang ingin berbisnis sebagai jasa ketik dokumen offline didaerah kamu, kamu juga harus cerdas untuk menentukan harga yang sesuai dengan ekonomi dan lokasimu. Diakhir artikel kami ingin menampilkan rumus yang bisa digunakan untuk menentukan harga untuk memudahkan. Namun berikut kamu juga harus mengetahui faktor-faktor apa saja yang menentukan harga jasa itu sendiri.

Faktor-faktor menentukan harga ketik

1. Lokasi

Lokasi jasa ketik dan percetakan

Lokasi akan menentukan harga suatu jasa, namun anda perlu mengetahui terlebih dahulu patokan harga jasa khususnya pengetikan di daerah kamu, kamu bisa lihat berapa harga tertinggi didaerah tersebut sebagai patokan harga.

Jika biaya tertinggi sudah diketahui anda bisa menjadikan harga tersebut sebagai patokan awal, perlu diketahui semakin banyak jasa serupa di daerah tersebut maka semakin murah pula harga jasanya akibat faktor dari persaingan bisnis.

Anda bisa sukses dengan membuat harga yang sedikit lebih murah namun dengan pelayanan yang lebih baik.

Anda bisa membuat jasa pengetikan yang cepat (1 HARI SIAP!!), membuat promo dan tentu marketing yang baik.

2. Keahlian

Selain lokasi, keahlian juga bisa menjadi faktor untuk menentukan tarif jasa pengetikan di daerah anda.

Anda bisa membuat tempat yang premium dengan merekrut pegawai dengan keahlian dibidangnya yang baik, dan membuat harga yang lebih tinggi karena hasil ketik yang cepat dan bisa melakukan editing yang baik pula. Buktikan kepada client dengan hasil cepat dan bagus serta bangun cerita dibalik bisnis anda sehingga konsumen layak menggunakan jasa anda.

3. Waktu

Waktu pengetikan untuk jasa ketik

Sebagian orang menganggap waktu adalah uang, memang benar sekali bahwa waktu adalah uang. Tarif pengetikan juga berkaitan dengan waktu yang diperlukan untuk mengetik.

Berapa waktu yang diperlukan untuk mengetik 1 lembar A4? anda bisa berfikir untuk mematok waktu pengerjaan untuk 1 lembar pengetikan A4. Tergantung kerumitan dokumen dan permintaan konsumen.

Coba anda pikir kembali, maukah anda mengetik 1 jam untuk dibayar Rp.5.000? Tentu tidak bukan

Anda orang yang mempunyai keahlian dibidang komputer dengan pengetikan yang cepat tentunya, dan orang harus menghargai waktu dari keahlian anda.

4. UMR Daerah

Faktor lain yang menentukan tarif jasa ketik dokumen adalah UMR suatu daerah, UMR adalah kepanjangan dari Upah Minimum Rakyat yang telah diatur oleh pemerintah sedemikian rupa untuk suatu daerah tertentu.

Anda harus mengira diri anda professional sehingga layak digaji dengan UMR yang tinggi. Bagikan sebulan gaji dikali (x) berapa jam dan dibagi dengan gaji bulanan UMR, segitulah upah jasa ketik minimal perjam jika konsumen ingin mengetik perjam pekerjaan.

Selain itu UMR suatu daerah yang tinggi maka kehidupan ditempat tersebut juga termasuk tinggi, sehingga jasa pengetikan juga bis dibilang cukup tinggi.

5. Kerumitan

Jika jasa ketik yang dibuatkan termasuk dengan diagram, tabel, gambar maupun logo maka anda bisa meminta uang lebih sebagai desain dari pengetikan tersebut. Semakin rumit anda bisa meminta lebih banyak kepada konsumen anda.

Perlu diingat bahwa tidak semua orang punya ilmunya, konsumen anda tidak bisa membuatnya sehingga mencari anda, anda bebas menentukan harga dari desain anda.

6. Kemampuan konsumen

Ini dia yang perlu diperhatikan juga, kemampuan konsumen juga bisa dilihat dari tebal atau tidak kantongnya.

Lihat calon pelanggan anda, jika seorang karyawan bekerja maka anda bisa mematok harga lebih tinggi dari pada anak SD yang ingin membuat makalah dan print dengan printer ditempat anda.

Lihat penampilan konsumen dan naikkan harga jika diperlukan, hal ini sering saya lakukan untuk polisi dilokasi saya. karena polisi itu menyebalkan hihi

Setelah melihat semua faktor diatas, sekarang anda pasti memiliki bayang-bayang berapa harga yang cocok untuk jasa ketik dokumen di daerah anda. Saran saya jika anda ingin dan suka menulis anda bisa merambah juga ke dunia online menjadi penulis artikel atau karya ilmiah, info bisa anda lihat pada link yang telah saya bagikan diatas.

Rumus menentukan harga jasa pengetikan

Dan seperti yang telah saya tulis diawal artikel ini, berikut ini adalah rumus yang bisa anda gunakan untuk menentukan harga jasa ketik yang bisa anda patok.

Anda telah melihat semua faktor yang bisa mempengaruhi harga dibagian atas, berikut harga rumus yang bisa anda ikuti:

  • Lokasi : Aceh
  • Keahlian : Praktisi percetakan 5 tahun
  • Order : 5 lembar ketik dokumen seorang pejabat desa
  • Kerumitan : Sedikit layouting (Tabbing dasar di ms word)
  • UMR Aceh : Rp.2.935.985 (sumber : google.co.id)
  • UMR Aceh perjam : 2.935.985 / 24 hari / 8 jam = Rp. 15.291

Biasa 5 lembar dokumen bisa anda siapkan dalam 1 jam, maka bisa anda bisa mengambil upah pengetikan sebanyak 15 atau 16 ribu atau 3 ribu per halaman. Tambahkan 5.000 karena ada sedikit layout.

Dan karena beliau adalah aparatur desa anda bisa mengambil Rp.10.000 untuk layout sehingga harga pengetikan bisa hingga Rp.25.000.

Jika konsumen anda ingin mencetak maka harga cetak juga tergantung kertas serta ukuran, untuk A4 biasa tanpa warna biasa Rp.1.000 dan jika berwarna dengan gambar atau grafik bisa anda patok Rp.1.500 perlembar.

Harga pengetikan memang murah, anda bisa menaikkan jika di daerah anda memang harga ketik tinggi. Namun demikian harga yang kami sarankan sesuai jam pekerjaan UMR atau lebih jika diperlukan.

10 Jenis Kertas Paling Sering Digunakan di Percetakan
10 Jenis Kertas Paling Sering Digunakan di Percetakan
Dibawah ini kami ingin memberikan informasi mengenai
Biaya dan Harga Percetakan Buku 2019
Biaya dan Harga Percetakan Buku 2019
Harga percetakan buku biasanya akan berubah setiap
Must read×

Top