Cara Mengatasi Error B200 Pada Printer Canon iP2770

In Printer Canon 0 views

Canon iP2770 merupakan printer jadul pilihan banyak orang, tak heran masalah Cara mengatasi error B200 pada printer Canon iP2770 amat sangat sering terjadi di beberapa pengguna sehingga harus kita memperbaikinya. Walaupun printer jadul, karena kehandalan dan penggunaan yang mudah printer ini masih digunakan hingga sekarang.

Awalnya printer berjalan normal hingga saat tiba-tiba error B200 menyerang dan tidak bisa berfungsi normal dan tentu kami akan membagikan informasi mengatasi error ini pada printer Canon anda. Biasanya error ini terjadi dengan tanda peringatan pada layar komputer anda seperti gambar dibawah dan juga printer mengeluarkan tanda berkedip pada lampu indikator printer bahkan bisa kejadian yaitu headnya tidak bergerak sama sekali untuk mencetak dokumen.

Error B200 Pada Printer Canon iP2770

Penyebab Dan Solusi Error B200

Salah satu penyebab yang sering kami temui yaitu printer mengalami Over Head, untuk mengetahuinya silahkan matikan printer yang anda gunakan, lepaskan bagian atas atau cover dan lalu hidupkan kembali printer untuk melihat apakah head bisa bergerak dengan baik atau tidak. Jika head printer tersebut tidak bergerak maka kendalanya yang sedang anda alami adalah printer sedang Over Head. Untuk mengatasinya jika yang terjadi adalah overhead adalah dengan cara melepaskan cartridges dan menggantinya dengan cartridges yang lain. Tes kembali printer dan jika normal maka bisa memasang kembali cartridges yang pertama.

Penyebab lain yang juga sering terjadi adalah tegangan power supply yang tidak stabil, periksa kembali kabel colokan printer ke listrik, ganti jika longgar dengan printer dengan membeli baru di toko komputer terdekat, biasa harganya hanya 20ribu atau 15rb.

Penyebab lain yang bisa saja terjadi yaitu kerusakan pada mainboard dan ini adalah kerusakan yang cukup serius yang akan dirasakan oleh pengguna printer iP2770. Bisa saja karena ada komponen yang rusak pada mainboard atau resistor yang rusak pada mainboard tersebut. Resistor yang sering rusak tersebut yaitu resistor yang menggunakan kode R301 di mainboard. Cara memperbaikinya yaitu dengan melepas resistor kode R301 lalu menggantinya dengan yang baru, bawa saja ke toko komputer jika anda sulit untuk membongkar printer.

Melakukan reset logic

Lakukan cara dibawah ini jika semua cara diatas tidak dapat berjalan dengan normal. Ikuti step-step berikut ini.

  1. Matikan printer dan pastikan kabel komputer dan printer tersambung
  2. Tekan dan tahan tombol resume pada printer selama 2 detik, dan sambil menahannya tekan tombol power lalu lepas tombol resume dengan tombol power tetap ditahan
  3. Tekan tombol resume 5 kali dan tekanan terakhir tombol resumenya ditahan, jika berhasil lampu orange akan menyala dan barulah lepaskan secara bersamaan tombol resume dan powernya.
  4. Lampu akan menyala berwarna hijau dan printer akan memproses posisi cartridge dan memakan waktu 30 detik
  5. Setelah 30 detik dan proses telah berhasil (printer sudah senyap) maka reboot printer atau restart printer dengan mematikan dan menghidupkannya kembali, cobalah untuk mengetes apakah bisa mencetak dengan normal kembali.

Memberhentikan cartridge

Cara terakhir yang bisa anda lakukan untuk mengatasi error B200 adalah dengan menghentikan cartridge, cara lebih lengkap ikuti langkah berikut ini.

  1. Matikan terlebih dahulu printer, lalu nyalakan serta buka cover atas printer. Ketika cover dibuka maka cartridge akan bergerak dari kiri ke kanan, saat bergerak tersebut hentikan cartridge dengan menahannya dengan tangan dan hentikan di tengah printer
  2. Lepaskan kedua cartridge, tutup cover printer dan otomatis rumah cartridge akan kembali ke posisi semula. Tunggu sejenak hingga lampu orange akan blinking 5x
  3. Buka lagi cover printer, tanpa menahannya lagi maka rumah cartridge akan kembali ke tengah, pasang lagi cartridge yang telah kita cabut tadi dan tutup lagi covernya. Jika printer tidak blinking orange berarti printer telah siap digunakan.

Demikian beberapa masalah dan solusi yang bisa menjadi rangkuman dalam memperbaiki kerusakan pada printer Canon iP2770 dengan error B200. Semoga beberapa tips diatas bisa menjadi bantuan untuk anda memperbaiki printer yang rusak dan semoga bermanfaat.

No related post!
Must read×

Top