Peluang Usaha Bisnis Cetak Stiker dan Pilihan Printer

In Percetakan 3 views

Salah satu jenis hasil cetakan yang banyak dicari dipasaran adalah stiker. Bisnis percetakan stiker bisa menjadi pilihan anda untuk mengambil keuntungan jika dikota anda tidak banyak yang bermain pada sektor ini, berikut ulasannya.

Stiker adalah produk yang banyak dicari dipasaran, stiker dapat digunakan untuk produk makanan, produk minuman atau obatan, promosi kampanye, stiker untuk anak motor, untuk handphone dan masih banyak sekali kegunaan stiker yang sebetulnya sangat mudah untuk dibuat bahkan oleh anda yang awam sekalipun.

Untuk pemula anda bisa membaca ini secara tuntas jika ingin membangun bisnis percetakan stiker atau ingin membuat stiker sendiri dan menjualnya head-to-head.

Usaha cetak stiker juga dapat disandingkan dengan bisnis percetakan lain seperti spanduk dan usaha lainnya juga.

Prospek usaha percetakan stiker

Stiker adalah produk cetak yang simpel dan sederhana yang banyak digunakan oleh orang dan dibutuhkan oleh banyak konsumen, sudah menjadi hal wajib sebuah percetakan juga dapat mencetak stiker dan ada sebagai salah satu pilihan dalam perusahaan cetak.

Sebagai contoh : seorang caleg yang ingin mengikuti pilkada pasti ingin dan membutuhkan stiker sebagai bahan kampanye. Seorang CEO membutuhkan stiker untuk produknya dengan desain menarik dan hasil printing yang berkualitas. Dan masih banyak contoh lagi yang membutuhkan stiker sebagai kebutuhannya.

Bisa dibilang bahwa kedepan hingga 10 tahun prospek percetakan masih belum hilang karena banyaknya permintaan dipasaran. Anda masih bisa memulai bisnis ini dan mendapatkan keuntungan yang besar dalam jangka waku lama kedepan.

Rincian modah usaha bisnis cetak stiker

Untuk memulai sebuah bisnis cetak stiker, sekurang-kurangnya anda harus memiliki modal seperti berikut ini:

1. Komputer / laptop

Hal yang pertama yang harus dan perlu dipersiapkan adalah komputer atau laptop yang minimal bisa lancar untuk membuka aplikasi desain seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator dan CorelDraw. Tidak perlu spek tinggi untuk sanggup membuka kedua aplikasi desain yang paling banyak digunakan itu.

Dengan budget 3 hingga 4 juta anda sudah bisa mendapatkan komputer PC dan 1 juta untuk membeli monitor serta perangkat mouse dan keyboard. Anda bisa membeli motherboard yang bagus dan RAM agar bisa berjalan lancar dan bisa diupgrade jika rejeki anda lancar nanti.

2. Printer

Stiker memerlukan hasil yang bagus dan tidak bergaris saat dicetak, kami lebih menyarankan anda untuk menggunakan printer dari produk Epson agar hasilnya lebih maksimal. Printer ini setelah kami gunakan memiliki hasil cetakan yang bagus, detail, dan irit walaupun harga diawal sedikit lebih besar dari merk lain.

Printer yang bisa digunakan antara lain Epson L805 dengan 6 warna, Epson L3110 produk terbaru, atau produk sebelumnya seperti Epson L220, Epson 310, Epson L360 dan yang sanggup mencetak hingga ukuran A3 seperti Epson L1300.

Harga printer antara 2 hingga 3 juta cukup bagus.

Jika anda memerlukan cetakan yang pada kertas transparan maka anda butuh printer laserjet yang harganya lebih tinggi namun worth untuk bisnis jangka panjang.

Printer yang cocok untuk usaha cetak stiker?

Apa printer yang cocok digunakan untuk bisnis awal untuk usaha cetak stiker?

Mencetak stiker tentu harus dengan kualitas bagus dan detail yang baik agar konsumen tidak kecewa dengan hasil cetakan kita. Selain murah kita juga perlu printer dengan hasi yang bagus dan awet tentunya.

Dengan printer 4 warna saja yaitu CMYK (Cyan, Magenta, Yellow dan Black) sudah tentu cukup untuk memulai usaha ini, anda tidak perlu membeli printer dengan 6 warna karena selain harganya lebih mahal, hasil cetakan juga tidak jauh berbeda.

Cukup menggunakan printer Epson L3110 dengan tinta art paper yang akan kami bahas berikutnya anda sudah cukup untuk memulai bisnis usaha stiker ini. Atau jika anda perlu ukuran stiker yang lebih besar bisa menggunakan printer Epson L1300 yang mampu mencetak hingga ukuran kertas A3, namun kembali pertimbangkan harga dan tujuan cetakan stiker anda.

Anda bisa menggunakan printer basic inkjet Epson seperti yang kami gunakan. Printer ini juga bisa support dengan tinta art paper yang akan kami bahas dibawah ini. Selain itu kami juga pernah menulis cara mencetak stiker vinyl dengan printer inkjet.

3. Tinta printer

Tinta printer yang bagus digunakan yaitu tinta asli dari Epson atau tinta berjenis art paper agar hasilnya awet dan tahan air serta panas dan tidak mudah luntur dari pada tinta ink jet biasa.

Anda bisa googling untuk mencari merk tinta art paper yang bagus, lihat reviewnya di Youtube salah satunya review ini.

Kenapa memilih tinta art paper?

Seperti yang telah kami jelaskan diatas, tinta ini punya kelebihan yaitu bisa tahan panas dan air dalam jangka waktu tertentu, karena tinta art paper ini berbasis minyak dan tidak mudah luntur.

Banyak perusahaan percetakan menggunakan tinta art paper untuk keperluan percetakan baik untuk mencetak foto, stiker, id-card dan masih banyak jenis cetakan lain menggunakan tinta art paper ini.

Seperti yang kita ketahui juga bahwa stiker adalah produk cetak paling dinamis dalam hal penggunaan, stiker bisa saja diletakkan di indor ataupun outdoor baik di dinding rumah, di tiang listrik, pada kendaraan, dan tempat-tempat yang ramai jika stiker selebaran sehingga akan sering terkena panas matahari dan air hujan, maka tinta art paper ini adalah solusi yang terbaik.

Menggunakan tinta art paper pada printer Epson juga cukup mudah seperti menggunakan tinta asli saja, tidak perlu hal khusus dan teknik khusus untuk menggunakannya, cukup setting high atau normal pada saat pencetakaan dan pilihlah hasil yang terbaik.

Jangan lupa untuk menghilangkan atau menguras terlebih dahulu tinta asli dari Epson jika masih ada sebelum menggantinya dengan tinta art paper itu, anda bisa menggunakan jarum suntuk untuk melakukannya lalu melakukan head cleaning yang benar.

4. Alat potong

Jika tidak ingin mengeluarkan banyak modal anda bisa menggunakan cutter dengan rol atau bisa dengan gunting saja. Namun anda harus mengasah skill dalam memotong agar hasilnya bagus.

Pilihan lain anda bisa menggunakan alat potong yang besar agar lebih efisien seperti ini.

Alat potong

Modal lain seperti toko, akses internet dan listrik diluar dari perkiraan.

Mengenal jenis kertas stiker

Sebagai pemula anda juga harus tau beberapa jenis kertas stiker yang dapat digunakan dalam hal untuk mencetak stiker. Bahan-bahan tersebut berbeda jenis sesuai kebutuhan dan anda bisa menyiapkan semua bahan agar percetakan lebih dinamis dalam menerima order tentunya. Untuk kertas secara umum kami pernah mengulasnya diartikel 10 jenis kertas paling sering digunakan di percetakan.

Ada kertas doff dan glossy sama seperti kertas foto. Berikut ini beberapa jenis kertas stiker yang perlu anda ketahui diantaranya:

1. Kertas stiker HVS

Jika anda ingin mencetak stiker dengan printer inkjet biasa anda bisa menggunakan jenis dari ketas ini, kertas ini juga cukup murah dan sangat mudah digunakan, anda hanya perlu menggunakan printer biasa seperti Epson L220 atau printer terbaru Epson L3110 untuk mencetak.

Kertas stiker HVS

Tekstur kertas ini seperti kertas hvs biasa, murah serta cocok untuk stiker-stiker basic dan mudah secara penggunaan.

2. Kertas Stiker Kraft

Selanjutnya adalah jenis kertas kraft dimana tekstur dari kertas ini sama seperti kertas HVS, akan tetapi warna dari kertas ini lebih coklat dan juga mudah digunakan dan bisa dicetak dengan printer inkjet biasa.

Kertas Stiker Kraft

Perlu diperhatikan lagi bahwa warna kertas ini lebih coklat dan pudar. Kertas juga menentukan bagaimana desain anda nanti.

Untuk masalah harga, kertas ini juga tidak jauh dengan kertas stiker hvs. Berikut salah satu contoh hasil cetak yang saya ambil dari website tokopedia.

Bisnis Cetak Stiker

3. Kertas Stiker Chromo

Jika anda butuh hasil yang mengkilap berarti anda bisa menggunakan kertas stiker ini. Jenis kertas ini lebih mengkilap hampir sama dengan kertas majalah. Perlu tinta AP (ArtPaper) untuk mencetak atau print pada kertas ini agar hasilnya tahan terhadap jenis kertas dan tidak luntur saat langsung di print.

Kertas Stiker Chromo

Jenis kertas ini yang paling banyak digunakan pada stiker promisi dan kampanye. Saya yakin anda tau jenis kertas tersebut walaupun tidak tau namanya hehe.

5. Kertas Stiker Vinyl

Kertas vinyl pernah kita bahas pada Tutorial Cara Cetak Stiker Vinyl, kertas jenis ini memiliki tekstur yang doff, silky dan glossy. Ada kandungan karet pada kertas ini sehingga lebih elastis dan lebih tahan dari pada kertas jenis chromo sehingga lebih sulit untuk dirobek.

Anda lebih disarankan untuk menggunakan printer berjenis laser untuk mencetak pada media vinyl ini agar hasilnya lebih cerah dan tidak mudah luntur.

Kertas Stiker Vinyl

6. Kertas stiker transparan

Selanjutnya adalah kertas stiker transparan yang termasuk kertas mika dan jenis kertas ini seperti namanya, yaitu transparan yang bisa digunakan untuk membuat cetakan pada media yang sedikit lebih berbeda seperti gantungan kunci akrilik.

Kertas stiker transparan

Hanya printer laser yang bisa menggunakan kertas ini untuk mencetak, jadi bagi anda yang memiliki printer inkjet, bisa disimpan saja.

Tips Menjalankan Usaha Printing Stiker

Artikel ini cukup lengkap hingga kami berikan juga tips dalam menjalankan usaha cetak stiker. Berikut ini kami bagikan beberapa tips untuk anda yang serius menjalankan bisnis ini, semoga bermanfaat:

  1. Melek teknologi; Internet adalah sumber ilmu yang tidak terbatas, bagi saya perumpamaan buku adalah gudang ilmu sekarang sudah tergantikan dengan teknologi internet serta anda juga harus mengenal teknologi terbaru dalam usaha anda. Dalam pemasaran juga bisa anda gunakan teknologi internet, social media dan sejenisnya untuk memasarkan. Masuk ke dalam forum-forum agar anda bisa membinta bantuan dan membaca pengalaman orang lain yang menjalankan usaha yang sama seperti anda.
  2. Pemasaran; Bangun jaringan silaturrahmi agar usaha anda bisa berkembang lebih cepat dan pesat. Anda bisa bekerja sama dengan kampus, sekolah-sekolah dan untuk wirausaha-wirausaha pedesaan untuk membantu kemasan produk orang lain, itu juga bisa menjadi nilai plus untuk usaha cetak stiker anda. Selain itu gunakan internet untuk membangun kepercayaan dan agar konsumen bisa mengetahui, gunakan social media seperti facebook, wa atau instagram dan buat usaha anda dilokasi yang ramai agar lebih cepat diketahui oleh konsumen atau calon konsumen.
  3. Layanan tambahan; Contoh layanan tambahan yang bisa anda berikan ke konsumen yaitu pilihan desain yang menarik, konsultasi desain yang sesuai dengan keinginan konsumen. Bangun komunikasi yang baik dengan konsumen anda sehingga terjadi repeat order dan terus-menerus sehingga anda bisa sukses sama-sama dengan konsumen anda.
  4. Minimal DP 75%; Konsumen bisa saja order dan tidak mengambilnya. Oleh karena itu untuk berjaga-jaga patokkan Dp minimal 75% atau saya biasanya mematok sebanyak 50% agar walaupun tidak diambil minimal modal sudah kembali, hal ini sangat penting apalagi caleg-caleg partai yang sibuk, bisa jadi dia lupa atau dana kampanye sudah habis, hihihi
  5. Inovasi; Teruslah berkarya, jangan berhenti pada percetakan stiker saja, rambah juga usaha dengan jenis yang sama seperti cetak undangan, cetak foto dan sejenisnya, anda bisa gandingkan jenis usaha ini yang penting tetap relevan agar usaha anda masih dalam satu tema dan tetap berjalan lancar.

Demikian seluruh isi artikel yang telah kami rangkum dari banyak sumber. Semoga ada bagian yang menjadikan anda menambah wawasan dan jika ada tambahan saya sangat senang untuk mendengarnya dari anda melalui kotak komentar atau dihalaman kontak.

Rekomendasi Printer Laser Untuk Percetakan Terbaik 2019
Rekomendasi Printer Laser Untuk Percetakan Terbaik 2019
Memilih printer laser untuk percetakan adalah hal
Menentukan Tarif Jasa Ketik Dokumen dan Print, Berapa yang cocok?
Menentukan Tarif Jasa Ketik Dokumen dan Print, Berapa yang cocok?
Salah satu layanan yang sering digunakan oleh
10 Jenis Kertas Paling Sering Digunakan di Percetakan
10 Jenis Kertas Paling Sering Digunakan di Percetakan
Dibawah ini kami ingin memberikan informasi mengenai
Biaya dan Harga Percetakan Buku 2019
Biaya dan Harga Percetakan Buku 2019
Harga percetakan buku biasanya akan berubah setiap
Must read×

Top