10 Jenis Kertas Paling Sering Digunakan di Percetakan

In Percetakan 2 views

Dibawah ini kami ingin memberikan informasi mengenai dunia percetakan yang salah satu media paling sering dan penting digunakan yaitu media kertas, kertas itu sendiri juga terbagi menjadi banyak jenis. Memilih kertas yang tepat tentu akan bisa menghemat biaya anggaran serta hasil cetakan juga berkualitas.

Percetakan adalah bisnis yang sangat menggiurkan dan banyak serta ada disetiap kota, banyak orang yang membutuhkan jasa percetakan mulai dari kartu undangan, kartu nama, spanduk, paper bag, cetak pas photo dan berbagai jenis percetakan lainnya.

Jenis-jenis kertas

Berikut ini beberapa jenis kertas paling sering digunakan pada percetakan, diantaranya adalah:

1. Kertas Art Paper


Kertas Art Paper

Kertas jenis ini adalah jenis kertas yang mempunyai permukaan yang licin, halus, serta berdaya serap yang rendah, jenis kertas ini cocok digunakan untuk mencetak leaflet, flyer, majalah, brosur dan katalog. Ada beberapa tingkat atau gramatur atau ketebalan dari kertas ini yaitu dari 85 gr, 100 gr, 115 gr, 120 gr, hingga 150 gr.

Selain itu keunggulan dari kertas ini yaitu hasil cetakan lebih tahan lama, kertas tidak mudah sobek, tahan sinar matahari dan tidak mudah rusak, dan kemudahan lainnya yaitu kertas ini bisa digunakan pada printer pigmen biasa dan mudah kering.

2. Kertas Art Carton

Kertas Art Carton

Kertas jenis art carton memiliki ciri yang kedua permukaan kertas sama persis dengan permukaan art paper, kertasnya yang halus dan juga licin. Kelebihan dari kertas ini yaitu ketebalannya yang lebih dari kertas art paper, kertas ini biasa digunakan untuk mencetak kartu nama, brosur, kotak makanan, map, cover buku dll. Gramaturnya dari 190 gr hingga 400 gr sehingga cocok digunakan untuk bahan yang lebih kokoh dibandingkan dengan art paper. Lebih lengkapnya tentang kertas art carton anda bisa membacanya disini.

3. Kertas ivory

Kertas ivory

Kertas ivory memiliki jenis yang hampir sama seperti kertas art carton diatas, baik dari segi kehalusan permukaan kertas maupun dari ketebalannya. Yang menjadi perbedaan adalah kertas ivory memiliki bagian yang halus hanya pada satu sisi saja dan sisi lainnya yaitu tanpa coating. Kertas ivory biasa digunakan pada pengemas makanan berbentuk box, paper bag, maupun dus-dus yang digunakan pada kosmetik. Ketebalan atau gramaturnya yaitu antara 400 gr, 310 gr, 250 gr, 230, gr, dan terendah 210 gr.

Kelebihan kertas ivory yaitu lebih tebal dan kuat sehingga cocok digunakan untuk box makanan dan tidak mudah sobek, support printer inkjet untuk mencetak bagian glossy pada kertas dan dijadikan bungkus box makanan dan kertas ivory terlihat elegant.

4. Kertas Dupleks

Selanjutnya yaitu kertas dupleks, karakteristik dari kertas ini yaitu memiliki warna yang berbeda di dua permukaannya, contohnya yaitu satu sisi berwarna putih dan sisi lainnya berwarna abu-abu. Kertas ini juga sering digunakan untuk mencetak dus pembungkus makanan atau obatan, gramatur dari kertas ini yaitu 500 gr, 450 gr, 400 gr, 350 gr, 310 gr, 270 gr, dan 250 gr.

Kertas dupleks ini lebih mudah rusak, mudah dibentuk dan digunakan.

5. Kertas HVS

Kertas jenis ini tentu sangat tidak asing dan banyak sekali orang yang sering menggunakannya. Kertas ini paling banyak digunakan untuk mencetak menggunakan printer, photocopy, dan cetakan buku lainnya. Permukaan dari kertas ini kasar, dan gramaturnya mulai dari 60 gr, 70 gr, 80 gr dan 100 gr.

Kertas HVS

HVS adalah kepanjangan dari bahasa belanda, yaitu houtvrij schrijfpapier dan kertas HVS ini terdiri dari berbagai ukuran dari A4, F4, plano, dll.

6. Kertas Samson Kraft

Kertas samson kraft adalah media cetak yang dihasilkan dari proses daur ulang dan sehingga kertas ini berwarna coklat. Kertas samson kraft ini sering digunakan pada paper bag atau bungkus yang lainnya dan memiliki gramatur 70 gr dan 80 gr saja.

Kertas ini tidak mudah sobek/robek dan tidak mudah kusut.

Kertas Samson Kraft

7. Kertas BW, BC, Linen Jepang, dan Concord

Kertas ini lebih berwarna (banyak pilihan warna) dan memiliki permukaan berstektur. Cocok digunakan untuk mencetak sertifikat atau kartu nama. Gramatur yang digunakan juga cukup tebal yaitu dari 160 gr, 220 gr hingga 250 gr.

Kertas Linen Jepang

8. Kertas Yellow Board

Kertas yellow board biasanya akan cukup tebal, biasa digunakan untuk rangka sebuah undangan berjenis hard cover dan tidak bisa digunakan untuik mencetak di percetakan offset.

Kertas ini biasanya digunakan dibagian hard cover, bisa di cover buku, peyangga kelender meja, dan lain sebagainya.

Kertas Yellow Board

9. Kertas Fancy Paper

Kertas fancy paper sering digunakan pada undangan pernikahan karena memiliki banyak ragam, jenis, warna dan kerakteristik. Kertas fancy paper ini juga terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu diantarnya adalah jasmine, hawaii, millennium, java emboss, dan masih banyak lagi.

Kertas Fancy Paper

10. Kertas Corrugated

Ciri khas dari kertas ini yaitu bergelombang dan berwarna coklat. Biasanya kertas ini digunakan untuk pembuatan dus, baik dus mie instan, dus alat elektronik, dus air mineral dan semua jenis dus sangat sering menggunakan kertas tipe ini.

Kertas Corrugated
Demikian beberapa jenis kertas yaitu 20 jenis yang bisa kamu pelajari dan menjadikan refernsi dalam hal memilih kertas. Semoga bermanfaat.

Biaya dan Harga Percetakan Buku 2019
Biaya dan Harga Percetakan Buku 2019
Harga percetakan buku biasanya akan berubah setiap
Must read×

Top